Intip Masa Kelam Seniman Dibui Lewat 'My Life My Story'

Pameran lukisan di Jakarta
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Tujuh puluh karya seni bakal dipamerkan di acara lelang 33 Auction di Hoteng Shangri-La, Jakarta Selatan, pada 15 April mendatang. Salah satu yang diprediksi bakal menarik minat kolektor, sekaligus bakal dihargai mahal adalah satu-satunya lukisan langka karya maestro lukis Hendra Gunawan.

Keren! Lukisan Karya Putri Poppy Dharsono yang Berkebutuhan Khusus, Mejeng di Pameran IFI Wijaya

Diberi judul "My Life My Story" lukisan sang maestro yang satu ini, memang berbeda dari karya-karya lainnya. Sejarah lahirnya lukisan itu berasal dari kisah kelam hidup sang pelukis yang sempat merasakan dinginnya dinding penjara.

"Digambar itu, Hendra mau bicara, jika ingin selamat (di masa dia hidup) pandai-pandailah menjilat. Ini adalah satu-satunya karya Hendra yang kami lelang. Karya ini sangat langka," jelas Specialist 33 Auction, David Fu yang ditemui di Kawasan Brawijaya, Jaksel.

SYL Beli Lukisan Sudjiwo Tedjo Rp200 Juta Pakai Uang Vendor di Kementan RI

Pameran lukisan di Jakarta

Dia menjelaskan, asal lukisan Hendra bisa ditelusuri untuk memastikan keasliannya. Bahkan, lanjut dia, bagi pemenang lelang bisa mendapatkan karya lukis sekaligus dua lembar foto arsip yang dimiliki kolektor.

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

"Jadi, asal-usul lukisan ini jelas. Dari kolektor asal Surabaya, yang juga sahabat baik Hendra," ujarnya.

Menurutnya, lukisan tersebut benar benar memenuhi kriteria untuk layak disebut karya masterpiece dari sang maestro.

Selain lukisan langka karya Hendra Gunawan, juga ada sejumlah karya seni maestro lukis lainnya. "Kami punya enam lukisan AD Pirous, empat lukisan Srihadi Soedarsono, dan beberapa lukisan karya Lee Man Fong," jelas David.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya