Tak Mau Pakai OST, Hanung Kepincut 'Ibu Pertiwi' untuk Bumi Manusia

Hanung Bramantyo
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Falcon Pictures menggandeng tiga penyanyi lintas generasi untuk membawakan original soundtrack film Bumi Manusia. Tiga penyanyi itu adalah Iwan Fals, Once Mekel, dan Fiersa Besari.

Apa Kabar Mawar De Jongh? Intip Kesibukannya Sekarang

Tiga penyanyi tersebut akan membawakan lagu wajib nasional yang berjudul Ibu Pertiwi karya Ismail Marzuki. Ada cerita menarik di balik pemilihan lagu Ibu Pertiwi menjadi soundtrack.

Hal tersebut diutarakan oleh sang sutradara, Hanung Bramantyo. Hanung awalnya tidak ingin ada soundtrack sama sekali dalam film Bumi Manusia. Sutradara kelahiran Yogyakarta itu merasa sangat khawatir dengan adanya soundtrack.

Trending No 1, Serunya Teaser Trailer Film Satria Dewa: Gatotkaca

“Saya enggak mengira ada soundtrack ya, dengan PH besar, kekhawatiran saya pasti akan ada soundtrack di tengah-tengah film gue,” kata Hanung di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Juli 2019.

Setelah syuting dan segala macam proses pasca-produksi film Bumi Manusia selesai, Hanung bercerita bahwa ia mendengar lagu Ibu Pertiwi secara tidak sengaja melalui YouTube.

Anak Sembuh Cepat dari COVID-19, Ini Rahasia Zaskia Adya Mecca

“Film ini enggak ada soundtrack-nya sama sekali. Selesai ngedit dan lain-lain, tiba-tiba saya iseng buka YouTube, nemu lagu Ibu Pertiwi, kayaknya menarik ya (jadi soundtrack),” kata Hanung.

Sutradara berusia 43 tahun itu merasa bahwa lagu Ibu Pertiwi sangat cocok dijadikan soundtrack.

“Kan ada lirik, ‘Ku lihat Ibu Pertiwi sedang berusah hati,’ dan itu yang tergambar dalam Bumi Manusia,” ucapnya.

Saat saran soundtrack itu diajukan dan disetujui, Hanung mengaku kaget, ketika produser Falcon Pictures memilih penyanyi ternama Iwan Fals, Once Mekel, dan Fiersa Besari untuk melantunkannya.

Film Bumi Manusia sendiri dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar De Jongh, Syah Ine Febriyanti, Donny Damara, Ayu Laksmi, dan puluhan pemeran yang didatangkan dari Belanda. Rencananya, film Bumi Manusia akan tayang pada tanggal 15 Agustus 2019. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya