Konser Batal Efek Corona, Ini Saran Bagi Musisi dan Penikmat Musik

Glenn Fredly.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Sejumlah acara musik harus batal atau ditunda karena pandemi virus corona. Sebagai musisi, Glenn Fredly ikut menyebarkan pesan dari KAMI, Kami Musik Indonesia, forum yang mempertemukan stakeholders musik Indonesia, lewat Instagramnya.

Glenn Fredly dan Erick Tohir Raih Eventori Award 2022

Dalam postingan tersebut, KAMI memberi saran bagi teman-teman musisi agar bisa tetap menghasilkan rupiah meski tak bisa menggelar konser. 

“Pindahkan kegiatan musikmu sebisa mungkin ke platform daring (online), misal, tampilkan karya di Patreon/Karyakarsa, tawarkan workshop/gigs daring, jual karya dan merchandise via internet, kumpulkan dana untuk kegiatan mendatang lewat Kolase/KickStarter,” tulis unggahan KAMI yang diunggah ulang di akun @glennfredly309.

Erick Thohir dan Glenn Fredly Dapat Penghargaan Eventori Award

Tidak lupa, KAMI juga menyarankan musisi tetap memberi informasi terpercaya mengenai corona. Glenn juga berharap, musisi bisa membantu sesama di tengah pandemik ini. Pihaknya mengambil contoh penyanyi Opera di Italia yang menghibur warga sekitar dengan cara menyanyi di balkon. Selebihnya, KAMI juga ingin sesama musisi saling berpegangan erat, mendukung, dan membantu satu sama lain.

Hal itu tentu tidak akan berarti jika tidak ada dukungan dari penikmat musik. Masih dalam unggahan yang sama, Glenn mengamini pesan KAMI bagi para penikmat musik untuk bisa mendukung musisi favoritnya meski acara atau konser musik banyak dibatalkan atau ditunda sementara waktu.

Glenn Fredly Raih Lifetime Achievement IMA 2021, Mutia Ayu Nangis

“Untuk para penikmat musik, dukung musisi dengan menanyakan kabar dan membantunya jika perlu. Dukung para musisi agar tetap dapat penghasilan. Ikuti kelas, workshop, dan gigs daring berbayar yang diadakan musisi. Beli merchandise dan karya musisi favoritmu via internet. Berlangganan layanan streaming musik,” tulisnya.

Selain itu, Glenn coba menanamkan sifat optimis untuk Indonesia. Ia mengunggah foto bendera merah putih yang dipasang di depan rumahnya. Suami Mutia Ayu ini mengajak masyarakat ikut memasang bendera sebagai bentuk dukungan kepada negara.

“Merah putih ini sejak lama terpasang di depan rumah saya, setiap pagi saya sebelum jalan atau akan berkegiatan, ada rasa optimis tersendiri melihat simbol Merah Putih ini.. Yuk pasang bendera sebagai bentuk dukungan bersama buat Indonesia hari ini..,” tulis Glenn.

Glenn berharap masyarakat tetap waspada dan tidak terprovokasi kabar yang belum tentu kebenarannya. Sejauh in, Glenn Fredly mengikuti anjuran pemerintah dengan  beraktivitas di rumah. Terlihat Glenn memainkan piano dan bernyanyi, memanfaatkan waktu yang ada selama di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya