Hal Ketchun Legenda Musik Country AS Meninggal Dunia

Hal Ketchun
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Kabar duka datang dari legenda music country asal Amerika Serikat. Musisi Hal Ketchun meninggal dunia. Musisi yang cukup lama berjuang melawan demensia ini meninggal dunia di usia 67 tahun. 

Mengenang Sosok Mark Sheehan, Gitaris The Script Meninggal di Usia 46 Tahun

Dikutip laman CNN, menurut pengakuan sang istri, Hal Ketchun meninggal Senin malam, 23 November 2020 akibat kompliksi demensia. 

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa Hal meninggal dengan damai semalam di rumah karena komplikasi demensia," kata istri Ketchum, Andrea, dalam sebuah posting di halaman Facebook dan situs mendiang penyanyi itu.

Innalillahi, Harry Toos Gitaris Band Favourite's Group Meninggal Dunia

"Semoga musiknya hidup selamanya di hatimu dan membawakanmu kedamaian," tulis Andrea lagi.

Ketchum, yang dikenal dengan hits musik country seperti "Small Town Saturday Night" dan "Long Haired Country Boy," merilis album pertamanya pada tahun 1988. Ia kemudian merilis 10 album lagi, menurut situsnya.

Mengenang Tony Lewis, Kiprah Bassis yang Kerap Eksis

"Saya sudah mengenal Hal Ketchum sejak 1985, ketika saya pertama kali memesannya di Gruene Hall," kata teman lama Ketchum dan manajer pribadi Tracie Ferguson kepada CNN. 

"Dia memainkan pertunjukan resmi pertamanya di ruang depan Aula lama untuk sekitar 25 orang. Dia hanya perlu menyanyikan satu nada agar semua orang menyadari bahwa dia memiliki sesuatu yang istimewa dan tidak butuh waktu lama bagi dunia musik country untuk menyadarinya."

Ketchum telah menjadi anggota Grand Ole Opry - showcase musik country mingguan sejak 1994. Hal Ketchum juga memiliki 15 single teratas dan lima juta album terjual.

Menurut Ferguson, pada 2010, Ketchum pindah ke Texas di mana dia akan bermain di teater dan tempat-tempat seperti The Birchmere dan Eddie's Attic.

Ketchum didiagnosis menderita Demensia pada 2017, dan dia memainkan pertunjukan terakhirnya di rumah di atas panggung Gruene Hall.

"Satu hal yang menonjol tentang Hal Ketchun adalah cintanya yang terus-menerus kepada para penggemarnya, dan dia memberikan dirinya sebanyak mungkin kepada mereka," kata Ferguson. 

"Kebaikan dan semangat manisnya akan diingat oleh semua orang yang mengenal atau bertemu dengannya."

Ucapan duka untuk Hal Ketchun yang ditulis sang istri juga banjir komentar ucapan belasungkawa di akun Facebook Hal. 

"Aku sangat sedih mendengar kabar duka ini. He was such a sweetheart and a great artist."

"Saya belajar memainkan "I Miss My Mary" untuk menarik perhatian wanita yang saya kencani beberapa tahun lalu. Kami sudah menikah sekarang. Aku berhutang banyak kepada pria ini. Terutama kenangan indah yang saya miliki dengan semua lagunya dan belajar dari kemampuan menulisnya yang hebat. Sedih melihatnya pergi,  Aku kehilangan nenekku karena demensia... jadi aku hanya bisa membayangkan relief Hal yang dirasakan saat dia meninggalkan kami. Doaku bersama keluarga!"

"I’m so sorry, Andrea. Waktu yang kuhabiskan bersamanya adalah beberapa kenangan favoritku." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya