40 Tahun Berkarya, Fariz RM Rilis Album Piringan Hitam Sakura

Album piringan hitam Sakura karya musisi Fariz RM
Sumber :
  • Musica Studio

VIVA – Fariz Rustam Munaf yang lebih dikenal dengan nama Fariz RM merupakan musisi legendaris Tanah Air yang eksis dan sangat ngetop pada era 80-an. Ia dikenal masyarakat melalui lagu-lagu ciptaannya seperti Barcelona dan Sakura, yang sempat menjadi hits pada awal dekade 1980-an.

Diduga Wisatawan Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Netizen: Bikin Malu

Dalam rangka menandakan 40 tahun kiprah perjalanan bermusiknya, Fariz RM mempersembahkan sebuah album yang dikemas  dalam format Vinyl (piringan hitam) bertajuk ‘Sakura’. Album ini sudah dirilis sebelumnya pada tahun 1980. 

Menurut Fariz, dirilisnya vinyl ini membawa dampak baik baginya. Lalu, seperti apa album vinyl Sakura yang melegenda dari Fariz RM tersebut? mari simak ulasannya berikut ini:

Santuy Nikmati Musik Klasik dari Piringan Hitam Ditemani Minuman Favorit

"Perilisan ulang piringan hitam (vinyl) adalah pujian yang luar biasa. Ini adalah periode baru dalam karir saya. Saya merasa seperti dilahirkan kembali," ungkap Fariz RM soal dirilisnya kembali vinyl album Sakura di era milenial saat ini.

Terdapat 9 (sembilan) lagu dalam album Sakura yang terbagi dalam 2 side, diantaranya:
Side 1:
1. Sakura
2. Selangkah Keseberang
3. (Belenggu) Perjalanan
4. Semusim
5. Nada Cinta
Side 2:
1. Mega Bhuana
2. Suasana (Yang Ada)
3. Cermin Noda
4. Malam Kesembilan

5 Idol K-Pop Wanita Ini Ternyata Gamers

Pada Desember 2009, lagu ‘Sakura’ dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone.

Selama 25 tahun kariernya sejak tahun 1978 hingga 2003, Fariz telah menghasilkan 20 album solo, 72 album kolaborasi, 18 album soundtrack, 27 album produksi di mana dia berperan sebagai produser, serta 13 album internasional yang dirilis di Eropa dan Asia Pasifik.

Di antara lagu-lagu ciptaannya yang terkenal hingga sekarang adalah "Barcelona", "Nada Kasih" (duet dengan Neno Warisman), "Susie Bhelel", "Menggapai Bintang" (Symphony), "Selamat Untukmu" (Jakarta Rhythm Section), dan "Renungan" (Dibayang Dewasa) yang menampilkan duet Fariz RM dengan Marissa Haque.

Vinyl dari album ‘Sakura’ karya Fariz RM rilis pada 11 Desember 2020 dan sudah bisa didapatkan melalui situs jual beli e-commerce dan sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya