Keputusan Wajib Militer BTS Akan Segera Disahkan Akhir Tahun Ini

BTS
Sumber :
  • Instagram @bts.bighitofficial

VIVA Showbiz – Perdebatan soal kelangsungan wajib militer bagi anggota BTS mungkin akan segera berakhir di penghujung tahun ini. Pada 5 Oktober 2022, Menteri Park Bo Kyun dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata (MCST) menghadiri inspeksi parlemen Majelis Nasional terhadap administrasi dan mengumumkan bahwa masalah dinas militer BTS akan diputuskan pada bulan Desember tahun ini.

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

Selama audit parlemen, anggota People Power Party Lee Yong Ho meminta Menteri Park untuk secara aktif meninjau masalah dinas militer BTS. Scroll untuk info lengkapnya.

“Pendaftaran anggota Jin akan diselesaikan pada bulan Desember, tetapi MCST akan menyelesaikan pendirian kami sesegera mungkin sebelum itu," kata Menteri Park, melansir Soompi, Jumat 7 Oktober 2022.

Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Art Awards ke-60

Pihaknya kini tengah meninjau dan mempertimbangkan soal wajib militer anggota BTS. Dilihat dari berbagai aspek, dinas militer di Korea Selatan termasuk simbol keadilan yang harus dilaksanakan secara merata oleh warganya.

BTS

Photo :
  • IG @bts.bighitofficial
Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

“Kami meninjau masalah ini secara komprehensif dengan melihat berbagai aspek termasuk poin bahwa pertahanan nasional adalah tugas suci, dinas militer adalah simbol keadilan," lanjutnya.

Sejauh ini, BTS dinilai sudah banyak berkontribusi untuk negara seperti menciptakan gelombanh K-Pop yang besar hingga berdampak pada kondisi ekonomi Korea.

"BTS telah membuat Korea dikenal sebagai pelopor budaya K dan menciptakan efek riak ekonomi yang sangat besar, ada masalah kesetaraan antara artis populer termasuk BTS dan mereka yang berlatih seni rupa, ini akan memengaruhi grup ketika salah satu anggota BTS bergabung dengan tentara, ada [hasil] analisis opini publik dan pendapat pria di usia 20-an mereka, dan seterusnya," kata Menteri Park.

Sementara itu, Jin sebagai anggota tertua BTS, lahir pada tahun 1992 dan saat ini berusia 29 tahun. Dia harus mendaftar di militer sesuai dengan amandemen Undang-Undang Dinas Militer tahun 2020.

Jin BTS

Photo :
  • Soompi

Jika amandemen Undang-Undang Dinas Militer yang saat ini tertunda di Majelis Nasional disahkan, anggota BTS akan dibebaskan dari kewajiban dinas militer. 

Namun, jika pengecualian khusus ini tidak berlaku, Jin harus menjalani wajib militer awal tahun depan, 2023. Setelah itu, anggota BTS yang tersisa juga harus mendaftar mengikuti aturan yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya