Potret Kehidupan di Maluku Curi Hati Masyarakat Chicago

Pelukis Errin Gie dan Konjen RI Pelukis Errin Gie
Sumber :
  • Official KJRI Chicago

VIVA.co.id – Pelukis asal Indonesia Errin Gie merebut perhatian masyarakat Chicago melalui pameran 'Heart of Moluccas' yang digelar di Indonesian Cultural Center Chicago, Amerika Serikat pada Jumat 14 Juli 2017.

Ketua DPR Buka Pameran Lukisan bertema Islami

Karya apik milik Erin ini menampilkan 20 karya lukisan yang bercerita mengenai kehidupan masyarakat Maluku. Salah satunya mengenai Tarian tradisional Cakalele dan kehidupan pantai menjadi corak utama dalam lukisan yang ditampilkan.  
 
“Melalui pameran ini, saya ingin berbagi pengalaman ketika menetap di Maluku. Saya juga ingin berbagi kecintaan saya terhadap Maluku. Sudah saatnya dunia mengenal lebih dalam tentang Indonesia, khususnya Maluku.” ujar Errin Gie, berdasarkan rilis yang diterima VIVA.co.id Kamis 20 Juli 2017.
 
Pelukis impresionis Errin Gie, saat ini diketahui memang menetap di Yunani. Namun, ratusan lukisannya, yang menampilkan keindahan alam dan seni budaya Indonesia, telah dipamerkan di berbagai kota besar di dunia. Adapun, Chicago menjadi kota ketiga, setelah New York dan Athena, yang menjadi tempat 'Heart of Moluccas' dipamerkan.
 
Pameran 'Heart of Moluccas' sendiri dibuka oleh Konsul Jenderal RI di Chicago Rosmalawati Chalid pada hari Jumat, 14 Juli 2017. Pembukaan pameran dihadiri oleh perwakilan diplomatic corps, Indonesianis, penikmat seni serta masyarakat dan diaspora Indonesia di Chicago dan sekitarnya.
 
“Upaya mempromosikan Indonesia melalui seni dan budaya merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini, KJRI Chicago menyambut baik penyelenggaraan pameran 'Heart of Moluccas' dan akan terus mendukung berbagai upaya promosi Indonesia, baik melalui seni lukis, maupun seni lainnya,” ujar Konjen Rosmalawati dalam sambutan pembukaan.

Pameran 'Heart of Moluccas' terbuka untuk umum dan rencananya akan berlangsung di Indonesian Cultural Center Chicago hingga tanggal 28 Juli 2017.

Emmo Italiaander, Sudjud Dartanto dan Gusmen Heriadi

Gusmen Heriadi Pamer Karya 'Kondisi Manusia' di Ciptadana Art 2018

Pameran dimulai 22 November-14 Desember 2018.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2018