Makna Topeng Hahoe di Money Heist: Korea - Joint Economic Area

Money Heist: Korea - Joint Economic Area
Sumber :
  • Istimewa

VIVA SHOWBIZ – Serial Money Heist: Korea -Joint Economic Area bercerita tentang aksi perampokan terbesar yang belum pernah terjadi sebelumnya di Korea Selatan. Dipimpin oleh Profesor (Yoo Ji Tae), sekelompok perampok bertopeng akan menyandera dan merampok uang yang jumlahnya hingga 4 miliar Won.

Al Ghazali dan Alyssa Daguise Diduga Balikkan, Netizen Malah Kasihan ke Laura Moane

Serial yang diadaptasi dari Money Heist Spanyol itu memiliki perbedaan yang akan diadaptasi dengan kebudayaan di Korea Selatan, yaitu penggunaan topeng pada para perampok.

Dalam Money Heist versi aslinya, para perampok menggunakan topeng Dali untuk menutupi wajah dan identitas asli mereka. Namun, Money Heist versi Korea ini akan menggunakan topeng Hahoe yang merupakan topeng khas dari Korea Selatan.

Jirayut Ungkap Alasan Kariernya yang Mandek di Negara Asalnya

"Itu adalah topeng yang mampu memberikan banyak pesan di dalam pertunjukan," kata Park Hae Soo dalam konferensi pers global, Rabu 22 Juni 2022.

Lebih lanjut, pemeran Berlin itu mengungkapkan makna yang terkandung di balik penggunaan topeng Hahoe.

Azizah Salsha Ungkap Pertemuan Pertama dengan Pratama Arhan, Azizah : Arhan Adalah Pria yang Baik

"Topeng Dali dalam serial aslinya digunakan untuk melambangkan kebebasan dan topeng Hahoe digunakan di sini karena topeng itu merepresentasikan kritik pada para penguasa dan di dalamnya juga terkandung unsur humor," kata Park Hae Soo.

Menurut Park He Soo, topeng Hahoe sangat cocok digunakan dalam serial ini karena mendukung alur cerita sebagai simbol yang ikonik. Bahkan, sejak pertama kali melihat topeng Hahoe Park Hae Soo merasa jatuh cinta dan mendapatkan energi yang berbeda.

"Saat pertama kali melihat topeng itu aku bisa melihat kekuatan besar. Terlebih saat sudah dikenakan oleh para pemeran," ujar Park Hae Soo.

Ketika topeng tersebut dipakai, akan menciptakan raut wajah yang unik dan seolah berubah ketika dilihat dari sudut yang berbeda.

"Topengnya tampak seperti tersenyum dan memberi unsur humor, tapi jika diperhatikan topeng itu juga menampilkan sisi yang misterius," katanya.

Sutradara Kim Dong Pyo juga mengatakan bahwa topeng Hahoe merupakan sebuah cermin dari kelas sosial di Korea Selatan dari waktu ke waktu.

Money Heist: Korea - Joint Economic Area disutradarai oleh Kim Hong Sun dengan naskah yang ditulis oleh Ryu Yong Jae.

Adapun tokoh dalam serial tersebut diantaranya adalah Yoo Ji Tae (professor), Jeon Jong Seo (Tokyo), Park Hae Soo (Berlin), Kim Ji Hoon (Denver), Lee Won Jong (Moscow), Jang Yoon Ju (Nairobi), Lee Hyun Woo (Rio), Kim Ji Hoon (Helsinski), dan Lee Kyu Ho (Oslo).

Serial perampokan terbesar di Korea Selatan ini dijadwalkan tayang pada 24 Juni 2022 mendatang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya