7 Destinasi Wisata Populer untuk Liburan Akhir Tahun!

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau, 300 etnis, dan pemandangan alam yang tak terhitung jumlahnya. Kalau bicara soal destinasi liburan, hampir semua daerah di Indonesia memiliki pesonanya tersendiri. Apalagi menjelang akhir tahun, sudah pasti banyak destinasi menunggu untuk disinggahi. Sudah punya rencana liburan untuk momen akhir tahun? Yuk cek harga Batik Air di sini dengan promo dan diskon harga terbaik dari Traveloka!

Akuntan Asal Australia Dibekuk Polisi di Bali

Sementara sebagian besar pengunjung biasanya beralih ke Bali untuk liburan akhir tahun yang santai, sebenarnya ada banyak tujuan menakjubkan lainnya yang ditawarkan di daerah lain. Setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing dan banyak dari destinasi ini adalah daerah dengan permata tersembunyi. Untuk perpaduan sempurna antara relaksasi dan ketenangan, berikut adalah 7 destinasi di Indonesia yang akan membuat liburan lebih menyenangkan!

Lombok
Dikenal dengan sebagai pulau kembaran Bali, Lombok adalah tujuan liburan yang sedang naik daun yang tentunya pantas untuk dijelajahi. Lombok sudah mulai populer dengan suguhan destinasi wisata yang luar biasa. Lombok menawarkan pantai yang lebih luas, gunung berapi yang lebih kuat, dan lanskap yang lebih beragam. Anda akan takjub dengan perairannya yang murni dan kegiatan outdoor yang mendebarkan seperti menyelam dan berselancar.

7 Kapal Perang TNI AL Siaga Penuh di Perairan Bali Amankan Tamu Negara KTT WWF, Ini Daftar Namanya

Saat Anda berada di Lombok, pastikan untuk melakukan perjalanan ke Kepulauan Gili yang terkenal di dunia. Terletak tak jauh dari pantai Lombok, pulau-pulau ini menawarkan perpaduan keindahan alam murni dan atraksi modern seperti bar trendi dan resort mewah. Gili Trawangan adalah yang terbesar dan paling terkenal di kalangan backpacker, sementara untuk pasangan dan keluarga bisa mengunjungi Gili Meno dan Gili Air untuk relaksasi yang tenang.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Gili Trawangan Lombok:

Viral Ji Chang Wook Cicipi Sate Pinggir Jalan Jakarta, Berkah Si Pemilik Warung

Berenang di air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep Lombok
Mengunjungi Pura Lingsar
Mencicipi kuliner khas Lombok di Warung Dewi
Bunaken
Anda pasti belum pernah mendengar tentang yang satu ini! Bagian dari Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua, pulau kecil ini adalah tujuan wisata utama Sulawesi Utara dan menawarkan pantai yang indah. Kebanyakan orang datang ke Bunaken karena pengalaman menyelamnya yang menakjubkan, dan belum banyak orang yang tahu tentang pulau surgawi ini. Destinasi di Bunaken cocok untuk penyelam profesional, tetapi ada juga kursus selam tersedia untuk Anda yang mau mencoba petualangan baru!

Keanekaragaman hayati laut di sini sangat menakjubkan, dengan lebih dari 3.000 spesies ikan, 300 jenis karang lunak dan keras, serta berbagai jenis spons dan biota laut. Buat Anda yang hobi diving, Bunaken adalah tempat terbaik! Bunaken berjarak sekitar 45 hingga 60 menit dengan perahu dari Manado, dan sebagian besar resor akan mengatur transfer dari bandara untuk tamu. Jadi, jangan khawatir untuk tidak bisa ke Bunaken, ya!

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Bunaken:

Menyelam dan snorkeling
Mencicipi kuliner khas bubur Manado dan hidangan seafood segar
Bali
Menyebutkan Bali sekecil apa pun pasti akan memunculkan pemikiran tentang kepingan surga di bumi. Didatangi jutaan wisatawan setiap tahun, Bali menyimpan pesonanya tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tempat ini punya semuanya, dari pantai yang masih asli dan pegunungan yang hijau hingga tebing yang dramatis, kuil yang indah, dan cafe yang Instagramable. Lanskap yang bervariasi memberikan latar belakang yang indah untuk budaya dan pengalaman penuh warna dan spiritual. Tidak heran para pelancong terus datang kembali ke sini untuk menikmatinya.

Jika Anda merencanakan ke Bali untuk pertama kali, sebaiknya mengunjungi udara segar dan tanaman hijau subur di Tegallalang Rice Terraces di Ubud, yakni jantung budaya Bali. Untuk pengalaman nightlife dan berpesta, pastikan untuk mengunjungi berbagai klub pantai di lingkungan Seminyak yang trendi!

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Bali:

Campuhan Ridge Walk di Ubud
Bersantai di Seminyak di La Plancha atau Potato Head Beach Club
Makan Malam Seafood di Pantai Jimbaran
Bandung
Ibukota provinsi Jawa Barat, Bandung adalah kota yang mendapatkan daya tarik sebagai tujuan kreatif. Sebagai anggota jaringan Kota Kreatif UNESCO, Bandung berupaya menampilkan keragaman budaya melalui desain dan solusi kreatif. Bahkan, kegiatan ekonomi Bandung terkait dengan desain, dengan desain grafis, fashion, dan media digital menjadi tiga sektor teratas.

Bandung sangat populer di kalangan orang Jawa setempat karena ketinggiannya yang lebih tinggi dan iklim pegunungan yang sejuk. Kota ini juga dikenal sebagai “Paris-nya Java” karena pemandangan alamnya dan suasana yang mirip dengan kota-kota Eropa. Bandung adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi setiap saat sepanjang tahun dan menawarkan pakaian fashion dan tekstil trendi di berbagai factory outletnya. Kalau Anda adalah shopping lovers, Bandung adalah tempatnya!

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Bandung:

Mengunjungi danau Kawah Putih
Rasakan Lakeside Glamping di Situ Patengan
Belanja di Cihampelas Walk dan Jalan Braga
Raja Ampat
Terletak tak jauh dari ujung barat laut pulau, Raja Ampat adalah kepulauan yang indah. Terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil dan ngarai, Raja Ampat adalah salah satu tujuan menyelam paling spektakuler, tetapi kurang dikenal di seluruh dunia. Meskipun terpencil dan cukup sulit untuk dicapai, Raja Ampat dijamin bisa menciptakan liburan yang tak terlupakan.

Keanekaragaman biota laut di sekitar pulau-pulau tersebut tercatat sebagai yang tertinggi di bumi karena kepadatan populasi manusia yang sangat rendah. Surga tropis ini menampung lebih dari 530 spesies karang, 1.300 jenis ikan, 700 spesies mollusca, dan banyak lagi! Keindahan murni dari spot biologis ini tetap menjadi daya tarik utama dari tujuan dramatis ini.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Raja Ampat:

Ikuti kursus menyelam dengan PADI atau SSA (dua perusahaan sertifikasi scuba diving terbesar)
Menikmati momen sunset dari bukit, pantai, atau pun hotel
Bersafari dan wisata pulau di Pulau Pianemo
Nah, itulah 5 destinasi liburan akhir tahun yang cocok menutup tahun 2021! Merencanakan liburan dengan baik akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Kalau Anda tidak ingin repot memesan transportasi saat pulang dari liburan, Anda bisa pesan Damri ke Bandara! Banyak promo dan diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selamat liburan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya