Menpora Amali Siap Dukung Penyelenggaraan Sail Tidore 2022

Menpora Zainudin Amali menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Event Sail Tidore
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali  menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Event Sail Tidore 2022, Selasa (27/9) melalui virtual dari Kemenpora

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada kesempatan tersebut, Menpora Amali menyampaikan bahwa Kemenpora di acara 
Sail Tidore 2022 posisinya sebagai peran pendukung.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

"Posisi kami di sini (acara Sail Tidore 2022) hanya sebagai peran pendukung saja. Tugas kita sudah jelas untuk memeriahkan, kami sudah menyiapkan kegiatannya," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan dari Kemenpora ditanggung oleh Kemenpora. "Kegiatan kami menjadi tanggungjawab kami. Namun kegiatan akan kita laksanakan saat acara puncak Sail Tidore 2022," ucap Menpora Amali.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan  bahwa  pelaksanaan Sail Tidore 2022 ini dapat menjadi daya tarik dalam rangka mendorong pembangunan dan perekonomian masyarakat. 

"Tujuan pelaksanaan Sail Tidore 2022  sebagai ajang ekonomi. Jadi harus ada nilai tambahnya. Kalau kita lihat studi kasus Sail Sabang 2017 merupakan penyelenggaraan sail terbesar dibandingkan dengan Sail sebelumnya seperti Banda (2010), Wakatobi-Belitong (2011), Komodo (2013), Raja Ampat (2014), dan Tomini (2015)," jelasnya.

Menurutnya, penyelenggaraan ini berdampak positif terhadap kunjungan wisata.  "Ada beberapa hal yang dapat dipelajari terkait wisata ini yaitu promosi intensif pada travel fair,  pelaksanaan side event, dan pembentukan jalur sailing dengan destinasi di luar negeri," katanya.

Pelaksanaan Sail Tidore 2022 digelar di Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara  pada tanggal 24 sampai 29 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya