DPR RI Apresiasi Komitmen Freeport Terhadap Kesehatan Masyarakat Lewat RS Mitra Masyarakat di Timika

Rumah Sakit (RS) Mitra Masyarakat milik PT. Freeport Indonesia
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Komisi IX DPR RI mengapresiasi PT. Freeport Indonesia yang memiliki kinerja tanggung jawab sosial (CSR) melalui 'Program Pengembangan Masyarakat' luar biasa di berbagai bidang mulai dari agama, kebudayaan olahraga, pendidikan, ekonomi termasuk juga secara spesial di bidang kesehatan. Khusus sektor kesehatan, di sektor tersebut dibuktikan dengan adanya Rumah Sakit (RS) Mitra Masyarakat milik PT. Freeport Indonesia.

Kembali Berulah, KKB Bakar Bangunan Sekolah Dasar di Intan Jaya Papua

Oleh karena itu, berbagai sumbangsih tanggung jawab sosial PT. Freeport Indonesia kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di tanah Papua, Kabupaten Mimika, Papua Tengah tersebut dinilai oleh Melki, sapaan akrab Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, sebagai bukti sahih bahwa PT. Freeport Indonesia merupakan bagian dari Indonesia. 

"Di bidang kesehatan juga luar biasa, dia punya fungsi sosial Freeport kan luar biasa ya. Dari berbagai tempat bisa diurusin mulai dari agama, kebudayaan, olahraga, pendidikan, ekonomi, kesehatan, semuanya dibantu oleh PT. Freeport," puji Melki saat wawancara dengan Parlementaria, Sabtu (15/4/2023) usai pertemuan kunjungan kerja reses Komisi IX DPR dengan Freeport. Turut hadir Executive Vice President PT. Freeport Indonesia Agung Laksamana, Staf Ahli Menkes, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

 Sebelumnya, Komisi IX DPR RI menggelar kunjungan lapangan ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat di Timika milik PT. Freeport Indonesia. Pada kesempatan itu, Melki mengapresiasi peran tenaga kesehatan (nakes) yang sudah bekerja dengan sangat keras membantu Pemerintah dengan didukung oleh PT. Freeport dalam melayani masyarakat tujuh suku dan juga masyarakat umum dalam rangka menjaga kesehatan di Timika.

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

"Dan kami melihat tadi mendengarkan dari temen-temen dokter tadi dan tenaga kesehatan yang lain bahwa RS Mitra Masyarakat ini menjadi RS yang sejak dulu menjadi rujukan kesehatan kita bagi keluarga besar kita masyarakat kita yang ada di Timika ini. Dan juga kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada PT. Freeport yang juga dengan caranya terus mendukung rumah sakit ini bisa membantu masyarakat 7 suku dan masyarakat yang ada di sekitar Timika ini," tandas Legislator Fraksi Partai Golkar ini.

Sebagaimana diketahui, khususnya sektor kesehatan, PT. Freeport Indonesia dalam 'Program Pengembangan Masyarakat' telah membangun dan mengoperasikan Rumah Sakit dan Klinik yang memberikan pelayanan kesehatan gratis. Tercatat, 120.000 kunjungan pasien ke RS Mitra Masyarakat selama tahun 2022. Lalu pengobatan gratis di 3 klinik umum, 2 klinik spesialis dengan 43.500 kunjungan.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Tak hanya itu, melalui 'Program Pengembangan Masyarakat PT. Freeport Indonesia itu, 13.500 rumah telah mendapat pelayanan Indoor Residual Spraying (IRS) serta PT. Freeport Indonesia menggelar sosialisasi dan pelatihan kesehatan terkait Malaria, HIV, TB, Covid-19 dan lainnya kepada lebih dari 30.000 peserta selama tahun 2022.

Praktisi CSR, ESG, dan Sustainability di Indonesia, Rio Zakarias

Praktisi Tegaskan Karyawan Harus Jadi Prioritas Utama Penerima Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Karyawan harus menjadi prioritas utama penerima manfaat sebelum aktivitas tersebut dialihkan kepada pihak eksternal seperti masyarakat atau konsumen.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024