Jaya Mualimin Pimpin ADINKES Kaltim, Gubernur: Optimalisasi Upaya Ending ATM

Pelantikkan Pengurus Wilayah Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES) Kalimantan Timur
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Mewakili Gubernur Kalimantan Timur, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menghadiri pelantikkan Pengurus Wilayah Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES) Kalimantan Timur di Ballroom Hotel Gran Jatra Balikpapan, Ahad 14 Mei 2023.

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Pelantikan dirangkai launching inovasi dan website Balikpapan Hidup Manis Tanpa Gula, dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat ADINKES dr HM Subuh, sekaligus melantik PW ADINKES Kaltim.

Pengurus Wilayah ADINKES Kaltim periode 2023 - 2027 dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Dr dr H Jaya Mualimin selaku Ketua Umum dengan beranggotakan seluruh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota se Kaltim.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

Dalam sambutannya disampaikan Sekda Sri Wahyuni, Gubernur Isran Noor menegaskan Kalimantan Timur, salah satu daerah yang baru dalam melaksanakan program ADINKES yang menjadi fokus utamanya adalah program penanggulangan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM).

"Selaku Gubernur, saya menyambut baik kehadiran Pengurus Wilayah ADINKES Kaltim, yang akan dilantik pada hari ini," katanya.

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Keberadaan ADINKES menurut dia, sudah jelas akan memfasilitasi dan mendorong pemerintah daerah dalam melakukan penguatan perencanaan dan penganggaran program penanggulangan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria ( ATM), melalui dana APBD setempat.

Sebagai mitra pemerintah, Gubernur berharap ADINKES Kaltim melakukan upaya advokasi, sosialisasi dan fasilitasi bagi terciptanya kebijakan yang berwawasan kesehatan.

"Menurut hemat saya ketiga program (ATM) ini termasuk program kesehatan yang menjadi prioritas disamping masalah Stunting," tegasnya.

Karenanya, Gubernur mengharapkan Pengurus Wilayah ADINKES Kaltim memberikan kontribusi positif bagi bidang kesehatan di wilayah Benua Etam.

Selain itu, pengurus wilayah harus mampu memberi contoh kepribadian yang baik kepada para anggotanya agar tidak banyak mengeluh, tapi selalu harus berfikir inovatif.

"Dilantiknya saudara saudara, akan dapat meningkatkan kinerja program-program kesehatan, khususya penanggulangan ATM di Kaltim," harapnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat ADINKES dr M Subuh menegaskan pembangunan Kesehatan hakekatnya upaya seluruh komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap orang dan ADINKES menjadi bagian penting didalamnya.

"Agar terwujud derajat Kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia, yang produktif secara sosial dan ekonomis," ujarnya.

Indonesia lanjutnya, telah menetapkan sasaran prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dimana telah ditetapkan tujuan yang akan dicapai pada tahun 2024 untuk program AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM).

"Dan telah disepakati komitmen global untuk Ending AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM) pada 2030 yang tinggal sebentar lagi," ungkapnya.

Acara digelar secara virtual diisi Kuliah Umum oleh Ketua Umum ADINKES Pusat dr M Subuh dengan materi Tantangan Reformasi Layanan Kesehatan dan Peran ADINKES.

Hadir jajaran Forkopimda Kaltim, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Ketua Persadia Kaltim dr Hamidah, Guru Besar UGM Profesor Laksono Trisnantono, pimpinan instans, perangkat daerah non kesehatan, organisas profesi, LSM dan penggiat kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya