Rahmat Erwin Abdullah, Anak Pegawai Pos Indonesia yang Harumkan Bangsa di Cabor Angkat Besi

Lifter Tim Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah tampil memukau di SEA Games 2023
Sumber :
  • Pos Indonesia

VIVA – Lifter Tim Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah tampil memukau di SEA Games 2023. Rahmat tampil apik di kelas 81kg putra cabang olahraga (cabor) angkat besi dengan meraih emas sekaligus memecahkan tiga rekor, yaitu snatch, clean and jerk, dan angkatan total di nomor 81kg.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Ibarat pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, pria kelahiran 13 Oktober 2000 ini memiliki latar belakang keluarga atlet angkat besi. Kedua orang tuanya, Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono, berprestasi di cabor angkat besi. 

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Erwin Abdullah pernah tampil di Kejuaraan Asia Angkat Besi di Busan, Korea Selatan, tahun 1995 dan meraih medali perak. Erwin juga tampil di Kejuaraan Dunia IWF di Istanbul, Turki, tahun 1994 meraih medali perunggu. 

Tak kalah berprestasi, Ami Asun Budiono merupakan peraih medali emas angkat besi Pesta Olahraga Asia Tenggara di Chiang Mai, Thailand, tahun 1995 dan Jakarta, Indonesia tahun 1997.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Memiliki orang tua juara di cabor angkat besi, Rahmat termotivasi mengikuti jejak mereka. Rahmat mulai berlatih angkat besi sejak duduk di kelas 1 sekolah dasar dengan bimbingan langsung Erwin Abdullah. 

Erwin Abdullah yang saat ini bekerja sebagai pegawai Pos Indonesia di Kantorpos Makassar memang menanamkan kedisplinan dan ketekunan pada Rahmat.

Berkat kedisiplinan berlatih dan dukungan penuh kedua orang tua, Rahmat mencetak prestasi cemerlang. Sebelum berjaya di SEA Games 2023, ia telah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. 

Rahmat tercatat merupakan Juara Dunia 2021 dan 2022 kategori Men 73 kg. Pada 10 Desember 2022, ia memecakan rekor dunia Clean & Jerk dengan angkatan 200 kg.

Atas prestasi dan hasil kerja kerasnya di usia muda, Rahmat diangkat sebagai Brand Ambassador Pospay oleh Pos Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya