Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Lifter Indonesia, Rizky Juniansyah
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Lifter Rizky Juniansyah yang berhasil merebut tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Dia lolos ke Olimpiade 2024 Paris berkat penampilan apik di Piala Dunia Angkat Besi 2024 (IWF World Cup) yang berlangsung di Phuket, Thailand pada Kamis malam WIB 4 April 2024.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Dalam ajang Piala Dunia Angkat Besi 2024 ini, Rizky merebut dua medali emas dan satu perak saat turun di kelas 73kg putra.

“Rizky Juniansyah hampir dipastikan merebut  tiket ke Olimpiade 2024 karena secara aturan dia yang terbaik di IWF World Cup 2024," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pesar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Berbeda dengan Rizky, lifter Indonesia lainnya, Rahmat Erwin Abdullah gagal bisa menembus Olimpiade Paris. Pada Piala Dunia Angkat Besi 2024, dia meraih satu medali perak dan dua perunggu.

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah

Photo :
  • AP Photo/Louise Delmotte
Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Hadi Wihardja mengatakan, ada aturan di mana setiap negara cuma bisa mengirimkan satu wakil di setiap kelas. Alhasil Rahmat yang memiliki potensi menyumbang medali Olimpiade 2024 tidak bisa dikirim.

"Sayang, aturan IWF hanya memperkenankan 1 atlet setiap negara tampil di setiap kelas. Rizky dan Rahmat merupakan mutiara di angkat besi Indonesia dan punya peluang mempersembahkan medali emas dan perak di Olimpiade 2024 Paris,” tuturnya.

Medali emas didapat Rizky setelah unggul dalam angkatan clean and jerk dengan catatan 203kg. Untuk total angkatan seberat 365kg, dia juga jadi yang terbaik.

Medali perak didapatkannya dari angkatan snatch 164kg. Rizky kalah dari wakil China, Shi Ziyong yang mencatatkan angkatan 165kg.

Sementara Rahmat Erwin Abdullah meraih satu perak dari clean and jerk seberat 206kg. Dua medali perunggu dari angkatan Snatch 160kg dan total angkatan 355kg.

Ayah sekaligus pelatih Rahmat, Erwin Abdullah tidak menyesali hasil ini. Karena baginya yang terpenting Indonesia punya wakil di kelas 73kg Olimpiade Paris.

“Dalam dunia olahraga kalah menang itu hal biasa. Kita Ikhlas dan tawakal. Yang penting, Indonesia punya wakil di kelas 73kg pada Olimpiade 2024 Paris,” ujar Erwin Abdullah.

Sebelum Rizky Juninsyah memastikan lolos ke Olimpiade Paris, telah lebih dulu ada Eko Yuli Irawan yang turun di Piala Dunia Angkat Besi 2024 pada kelas 61kg putra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya