10 Manfaat Sunscreen Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Ilustrasi menggunakan Sunscreen
Sumber :

VIVA – Sinar matahari ternyata membawa dampak yang buruk untuk kesehatan terutama kesehatan kulit wajah. Sinar matahari mengandung berbagai jenis radiasi, termasuk sinar ultraviolet (UV), sinar inframerah, dan cahaya terlihat. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Oleh karena itu, usahakan selalu menggunakan tabir surya pada setiap kegiatan Anda, baik didalam maupun diluar ruangan. Berikut 10 manfaat sunscreen bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Supaya tidak penasaran, simak selengkapnya pada artikel ini!

1. Melindungi dari bahaya sinar ultraviolet (UV)
Manfaat sunscreen yang pertama adalah melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Sinar ultraviolet (UV) adalah jenis radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek dari cahaya terlihat, sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Sinar UV dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah, terutama jika terjadi paparan berlebihan dan tanpa perlindungan yang tepat.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Semakin sering terkena paparan sinar UV, maka kemungkinan terjadinya berbagai permasalahan kulit semakin besar. Mulai dari kanker kulit, hiperpigmentasi, katarak hingga supremasi sistem kekebalan kulit. Anda tentu tidak ingin bukan mengalami permasalahan seperti yang diatas, jadi sebisa mungkin rajin dan konsisten menggunakan tabir surya. 

2. Mengurangi risiko kanker kulit 
Penggunaan sunscreen secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi risiko kanker kulit. Sinar UV yang berasal dari cahaya matahari dapat merusak DNA dalam sel kulit, sel kulit yang rusak bisa menyebabkan perkembangan kanker kulit. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Dua jenis utama sinar UV yang berkontribusi pada kanker kulit adalah UVA dan UVB. UVA adalah sinar UV dengan panjang gelombang lebih panjang, sedangkan UVB adalah sinar UV dengan panjang gelombang lebih pendek. Keduanya berperan dalam perkembangan kanker kulit, dengan sinar UVB secara khusus berkontribusi pada kanker kulit jenis non-melanoma seperti karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa, sementara paparan UVA juga dapat berkontribusi pada melanoma, jenis kanker kulit yang lebih serius dan potensial mengancam jiwa.

Saat berada di luar ruangan, usahakan memilih tabir surya yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) tinggi. SPF yang tinggi mengindikasikan bahwa perlindungan dari sinar UV lebih intens, mengingat kegiatan di luar ruangan yang terpapar langsung cahaya matahari. 

3. Mencegah penuaan dini 
Anda yang menemukan garis halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya mungkin perlu lebih rajin dan konsisten dalam menggunakan sunscreen. Sebab fungsi sunscreen salah satunya adalah mencegah terjadinya penuaan dini. 

Paparan sinar matahari berlebih ternyata memberikan dampak buruk untuk kulit wajah secara kasat mata, orang yang menggunakan tabir surya sejak remaja biasanya lebih lama muncul tanda tanda penuaan dini. 

Oleh karena itu, penting menggunakan sunscreen sebelum melakukan aktivitas Anda sehari-hari. Waktu terbaik menggunakan tabir surya adalah sebelum Anda meninggalkan ruangan. Jika Anda selalu berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari yang intensif usahakan untuk reapply tabir surya setiap 2 hingga 3 jam sekali. Misalnya, saat berlibur ke pantai, sunscreen adalah produk skincare yang wajib dibawa saat travelling

4. Menjaga kulit tetap elastis 
Sinar UV yang dapat merusak sel kulit ternyata berpengaruh pada elastisitas kulit wajah, pasalnya sel kulit yang rusak akan sulit melakukan regenerasi, proses pembaharuan sel kulit secara alami menjadi tidak maksimal. 

Jika Anda tidak ingin kulit wajah kendur sebelum waktunya, maka gunakan tabir surya saat memulai hari. Tentu juga didukung dengan produk kecantikan yang bisa mengencangkan kulit namun tetap aman. 

5. Mencegah timbulnya bintik hitam dan pigmentasi kulit berlebihan 
Paparan sinar matahari yang mengandung UV ternyata merangsang produksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberikan warna kulit. Ketika Anda terus menerus berada di bawah sinar matahari langsung tanpa perlindungan maka produksi melanin bisa berlebihan menyebabkan bintik hitam dan hiperpigmentasi. Kegunaan sunscreen ini sebagai tameng pelindung supaya hal tersebut tidak terjadi. 

6. Melindungi kulit wajah dari sunburn 
Sunburn atau luka bakar matahari adalah kondisi serius dimana kulit wajah terasa panas, kemerahan, nyeri dan terkelupas. Hal ini merupakan efek terkena sinar matahari secara intens yang terdapat UVB, atau bisa juga terjadi ketika seseorang tidak terbiasa dengan sengatan sinar matahari langsung karena sehari-hari berada di ruangan ber AC. 

Pencegahan masalah ini adalah menggunakan sunscreen setiap kali akan bepergian, berlibur dan beraktivitas di luar ruangan. Potensi terjadinya sunburn lebih kecil daripada kulit wajah yang tanpa perlindungan. 

7. Membuat kulit wajah lembab
Manfaat memakai sunscreen lainnya adalah melembabkan kulit. Saat ini banyak sekali merk tabir surya yang sudah dilengkapi dengan pelembab kulit, Anda bisa memilih yang paling cocok untuk kulit wajah. Jadi selain bisa memperoleh manfaat pakai sunscreen untuk melindungi, Anda juga bisa merasakan kelembapannya. 

8. Membantu menjaga keseimbangan produksi minyak kulit 
Paparan sinar matahari yang mengenai kulit wajah bisa merangsang produksi minyak. Minyak yang berlebihan akan membuat kulit lebih mudah berjerawat, bruntusan dan kusam. Dengan penggunaan sunscreen kulit terlindungi, membuat produksi minyak tidak berlebihan. 

9. Mengurangi risiko keratosis aktinik 
Penggunaan sunscreen secara teratur dapat membantu mengurangi risiko keratosis aktinik. Keratosis aktinik (actinic keratosis atau solar keratosis) adalah kondisi kulit yang ditandai dengan pertumbuhan berkerak dan kasar pada kulit, yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebihan. Oleh karena itu, dibutuhkan tabir surya supaya kulit tidak kasar dan kering, kuli terjaga dan tetap lembut. 

Keratosis aktinik sendiri adalah tanda awal kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV, dan dapat menjadi prekursor kanker kulit jenis non-melanoma seperti karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. 

10. Melindungi kulit yang sensitif dari iritasi 
Tabir surya atau sunscreen dapat membantu melindungi kulit yang sensitif dari iritasi akibat paparan sinar matahari. Kulit sensitif cenderung lebih rentan terhadap reaksi iritasi, kemerahan, atau peradangan ketika terpapar sinar UV dan elemen lingkungan lainnya. Penggunaan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit dan bebas dari bahan-bahan potensial yang menyebabkan iritasi dapat membantu melindungi kulit sensitif Anda.

Nah, berikut di atas merupakan 10 manfaat sunscreen bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kii Anda sudah tahu seberapa pentingnya penggunaan tabir surya. Jadi, jangan sampai melewatkan ritual menggunakan tabir surya sebelum melakukan aktivitas Anda sehari-hari. 

Menggunakan tabir surya bisa dilakukan untuk semua usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lanjut usia. Anda yang berpikir bahwa tabir surya hanya untuk orang dewasa harus mulai mengubah pemikiran ini.

Tentunya, sebisa mungkin menggunakan sunscreen yang sesuai dengan usia. Jangan khawatir karena setiap usia ada produknya masing-masing. Sehingga Anda tinggal menyesuaikan saja. Jadi jangan pernah kelewatan untuk menggunakan skincare yang satu ini saat keluar rumah, berlibur, dan aktivitas harian lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya