BKSAP Dorong Pembahasan Pembangunan Ekonomi Hijau dalam Sidang Umum AIPA

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Sidang Umum ke-44 AIPA yang digelar di Jakarta, Indonesia, mengusung tema 'Responsive Parliament for a Stable and Prosperous ASEAN'. Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengungkapkan terdapat tiga kata kunci dalam tema tersebut yaitu Parlemen yang responsif, untuk stabilitas dan juga untuk kesejahteraan masyarakat ASEAN. 

MKD Pastikan Pelat DPR di Mobil Alphard Tempat Brigadir RAT Bunuh Diri Palsu

Salah satunya, ungkap Fadli yaitu di bidang ekonomi dengan mendorong pembangunan ekonomi hijau, green growth, green economy serta keterampilan terutama generasi muda terhadap ekonomi hijau ini. Hal itu disampaikan Fadli saat diwawancarai Parlementaria dan awak media di Fairmont, Jakarta, Senin (7/8/2023).

"Saya kira itu (ekonomi hijau) nanti akan menjadi salah satu juga pembicaraan. Karena selain hasil resolusi, kita juga akan ada joint communique. Jadi para Ketua Parlemen ini akan berbicara mulai nanti siang, di dalam satu general debate dan pernyataan ketua-ketua parlemen dan (negara) observer,  nanti tentu akan kita rangkum," ujar Fadli.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

Selain itu, Fadli menyatakan DPR RI dalam Sidang Umum AIPA ke-44 menyoroti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) sebagai persoalan yang sangat penting untuk dibahas dalam mengatasi permasalahan human trafficking. Terlebih, Indonesia dan wilayah-wilayah tertentu di kawasan ASEAN lainnya banyak yang menjadi korban TPPO. 

"Jadi pasti akan ada pembicaraan tentang itu, tapi bukan dalam satu resolusi mungkin karena sudah pernah ada resolusi tentang human trafficking ini. Iya jadi ini akan dibawa ke parlemen masing-masing,  kemudian akan dimonitor di dalam satu pembicaraan khusus sudah sampai sejauh mana implementasi dari resolusi itu," tutup Fadli.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik
Pemain Timnas Indonesia U-23

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Media asing asal Vietnam, Thanh Nien mengatakan Timnas Indonesia perlahan tapi pasti bakal melampaui Thailand dan Vietnam dan menjadi bos di ASEAN.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024