Kemenag Terus Dorong KUA Sosialisasi Aplikasi Perpustakaan Digital

Grand Desain Pusat Literasi Keagamaan Islam
Sumber :
  • Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama

VIVA – Koordinator Fungsi Kepustakaan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Abdullah Alkholis mengatakan, pihaknya terus berupaya menyosialisasikan perpustakaan digital atau Elipski (Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam) secara masif. Menurutnya, Elipski bisa menjadi referensi literasi keislaman.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Hal itu disampaikannya pada kegiatan Grand Desain Pusat Literasi Keagamaan Islam di Jakarta, Senin (7/8/23).

“Elipski memiliki banyak manfaat. Tidak hanya berisi buku-buku keagamaan, tetapi banyak literatur khazanah keislaman yang bisa diakses masyarakat,” paparnya.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Alkholis berharap, aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2021 itu mampu memberi pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

“Elipski merupakan perpustakaan online yang di dalamnya termuat literasi khazanah keislaman. Selain itu, juga terdapat layanan aduan terkait buku yang tidak layak baca atau mengandung unsur SARA, radikalisme, ujaran kebencian, dan lainnya. Itu bisa diakses secara gratis,” ulas Alkholis.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga bisa menerima informasi seputar pengajuan bantuan kepustakaan.

“Untuk mengajukan bantuan buku keagamaan, masyarakat atau pengurus perpustakaan masjid (PerpusMas) mesti mengenal Elipski,” ungkapnya.

Alkholis menambahkan, pengurus PerpusMas juga bisa mengajukan bantuan dana untuk peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan masjid. Surat Rekomendasi Pengajuan tersebut, menurutnya, tidak harus diserahkan di Kemenag kabupaten/kota, tetapi juga bisa melalui KUA terdekat.

“Silakan KUA mengeluarkan surat rekomendasi, tetapi perpustakaan masjid itu harus diverifikasi. Tugas  KUA adalah memastikan keberadaan perpustakaan masjid, tata kelola, dan sumber daya pengurusnya,” terangnya.

Alkholis mendorong KUA untuk menyosialisasikan Elipski kepada masyarakat. “Kami mendorong KUA untuk aktif menyosialisasikan Elipski kepada masyarakat. Informasi yang termuat di dalam Elipski sangat membantu,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya