Belawan New Container Terminal Kini Resmi Jadi Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara

Belawan New Container Terminal (BNCT) secara resmi memulai kegiatan operasional
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh pengguna jasa di Terminal Petikemas Internasional di Pelabuhan Belawan, terhitung mulai tanggal 12 Januari 2024 Belawan New Container Terminal (BNCT) secara resmi memulai kegiatan operasionalnya.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Ahmad Luthfi, mengungkapkan BNCT merupakan perusahaan joint venture milik PT Prima Terminal Petikemas dengan PT INA-DPWorld Investment yang berfokus pada pengelolaan dan pengoperasian terminal petikemas internasional di area Belawan. “Selanjutnya secara penuh akan mengambil alih pengelolaan terminal petikemas yang selama ini dilakukan oleh Terminal Petikemas Belawan (TPK Belawan) Internasional dan PT Prima Terminal Petikemas.”

Terkait hal tersebut, Bea Cukai Belawan berperan aktif dalam hal pemberian rekomendasi atas terbitnya perijinan BNCT sebagai Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor KM-124/WBC.02/2023 tanggal 19 Desember 2023 dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor KM-125/WBC.02/2023 tanggal 19 Desember 2023.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Untuk mendukung kelancaran dan akselerasi proses perubahan kawasan pabean dan tempat penimbunan sementara tersebut, Bea Cukai Belawan juga telah melakukan proses integrasi sistem utamanya yang terkait proses kepabeanan, termasuk memberikan asistensi dan bimbingan kepada pihak BNCT untuk mendapatkan nomor induk kepabeanan (NIK) untuk dapat mengakses sistem kepabeanan sebagai tempat penimbunan sementara.

Dengan terpenuhinya seluruh elemen tersebut, Bea Cukai Belawan juga menerbitkan izin operasional kepada BNCT untuk dapat melaksanakan kegiatannya sebagai tempat penimbunan sementara di area Pelabuhan Belawan.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

“Sebagai fasilitator perdagangan, Bea Cukai Belawan senantiasa memberikan berbagai kebijakan berupa kemudahan perijinan dan layanan untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas barang ekspor dan impor sehingga dapat memberikan kontribusi optimal terhadap perekonomian negara,” pungkas Luthfi.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024