Berdayakan Petani Lokal, UMKM Binaan Bea Cukai Yogyakarta Ekspor 50 Kilogram Kopi ke Filipina

UMKM binaan Bea Cukai ekspor kopi ke Vietnam
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Salah satu UMKM binaan Bea Cukai Yogyakarta telah melakukan ekspor 50 kilogram kopi ke Filipina pada Rabu (31/01). UMKM tersebut adalah Kopinang Indische Koffie yang berdomisili di Triharjo, Sleman. Ekspor ini menggunakan mekanisme barang kiriman yang akan dikirim melalui udara.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Dengan nilai ekspor sebesar 376,93 USD, kopi-kopi yang diekspor terdiri dari berbagai jenis yang mengambil dari beberapa perkebunan kopi. “Kopinya macam-macam, dari Boyolali ada, Temanggung juga ada, masing-masing dikemas dalam kemasan 2,5 kilogram,” ungkap Imelda Liliyanti, pemiliki Kopinang Indische Koffie.

Kopinang Indische Koffie sendiri merupakan salah satu UMKM binaan Bea Cukai Yogyakarta yang tergabung dalam PROSTARI (Program Pengusaha Wanita Mandiri). Program ini merupakan terobosan Bea Cukai Yogyakarta untuk mendukung kaum perempuan di Yogyakarta agar dapat lebih terlibat dalam pembangunan ekonomi daerah.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Lebih lanjut, Turanto Sih Wardoyo, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI menyampaikan harapannya bahwa ekspor kali ini bisa menjadi langkah awal untuk ekspor-ekspor selanjutnya dengan volume yang lebih banyak.

“Bea Cukai Yogyakarta berkomitmen akan terus menjalankan asistensi kepada UMKM yang berorientasi ekspor sebagai salah satu wujud tugas dan fungsi Bea Cukai yaitu industrial assistance,” pungkas Turanto.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Festival Semarapura

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Semarapura Festival hingga Nusa Penida Festival ini berhasil terpilih masuk kalender event nasional, sehingga akan dipromosikam secara berkesinambungan oleh Kemenparekraf

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024