Perusahaan Asal Yogyakarta Berhasil Ekspor Ribuan Tas ke Amerika Serikat dan Kanada

Bea Cukai kawal ekspor tas ke Amerika
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Yogyakarta kawal ekspor 3.600 tas produksi PT Komitrando Emporio, pada Jumat (16/02). Perusahaan asal Bantul, Yogyakarta, ini mengekspor produknya ke Amerika Serikat dan Kanada.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

“Produk yang diekspor berupa tas, meliputi tas tangan wanita, tas laki-laki, tas olahraga, dan juga backpack. Pada ekspor kali ini, PT Komitrando Emporio mengumpulkan devisa negara sebesar 40.860 USD atau sekitar 639 juta rupiah,” ujar Riri Riani, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta.

Riri mengungkapkan bahwa ekspor ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh PT Komitrando Emporio. Perusahaan ini sudah mengekspor tas sebanyak delapan kontainer pada bulan Februari dengan produk ekspor mencapai 1,2 ton dan total nilai ekspor senilai 598.739 USD atau setara Rp9,35 miliar lebih.

Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

PT Komitrando Emporio adalah salah satu penerima fasilitas kawasan berikat di bawah pengawasan Bea Cukai Yogyakarta. Berkat fasilitas kawasan berikat, perusahaan ini mendapatkan penangguhan bea masuk untuk impor bahan baku yang akan digunakan memproduksi barang ekspor. Selain itu, impor bahan baku tersebut juga tidak dipungut PPN, PPnBM dan PPh impor.

“Fasilitas ini sangat menguntungkan perusahaan karena dapat mengurangi biaya produksi yang pada akhirnya akan membuat harga barang dapat bersaing di pasar global,” pungkas Riri.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers APBN KITA Edisi April 2024, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 26 April 2024

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Viral di media sosial seorang pria mengeluhkan dirinya dikenakan biaya bea masuk Rp 31 juta untuk harga sepatu Rp 10 juta.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024