Ekspor Perdana, Nilai Ekspor Kopi Arabika Asal Jabar Tembus Miliaran Rupiah

Bea Cukai hadiri ekspor perdana kopi
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Kelompok Tani Kopi Wanoja, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Bandung ini berhasil melakukan ekspor perdana tujuh ton kopi berjenis arabika ke Arab Saudi, pada Kamis (22/02). Total nilai ekspor yang dihasilkan mencapai 72.705 USD atau setara Rp1,4 miliar.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Barat (Jabar), Bambang Lusanto Gustomo yang turut hadir pada pelepasan ekspor perdana tersebut memberikan apresiasi pada Kelompok Tani Kopi Wanoja.

“Keberhasilan ini tak terlepas dari kolaborasi Bea Cukai dengan instansi terkait lainnya di Jawa Barat yang telah memberikan komitmennya melalui pemberdayaan UMKM. Hal ini juga merupakan prestasi bagi Kelompok Tani Kopi Wanoja yang berhasil melakukan ekspor mandiri,” ujar Bambang.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Kegiatan pelepasan ekspor dilaksanakan di Megarama Taka Hydrocore Gedebage, Kota Bandung, dan turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kanwil Jabar dan OPD di lingkungan Provinsi Jabar dan Kabupaten Bandung.

Kelompok Tani Kopi Wanoja merupakan salah satu peserta Kelas Ekspor UMKM 2023 yang diselenggarakan oleh Kanwil Bea Cukai Jawa Barat dan Bank Indonesia Jawa Barat. Tujuan Kelas Ekspor UMKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk mendorong percepatan pengembangan usaha dan mampu melaksanakan prosedur ekspor.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

“Kegiatan ekspor ini merupakan salah satu langkah penting guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. Diharapkan kesuksesan Kelompok Tani Kopi Wanoja ini dapat menginspirasi hingga menciptakan UMKM sukses ekspor lainnya guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat khususnya, dan nasional pada umumnya,” pungkas Bambang.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024