Jika Produktivitas Pekerja Meningkat, Menaker Dukung Mudik dan Balik Gratis

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong partisipasi dunia usaha untuk memfasilitasi mudik lebaran gratis atau mudik bersama bagi pekerja/buruh menjelang perayaan lebaran. Pasalnya, dengan perusahaan memfasilitasi mudik gratis untuk para pekerjanya, akan membuat hubungan industrial di perusahaan menjadi lebih harmonis.

2 Pekerja Luka-luka Imbas Ledakan di Smelter Nikel Kaltim, Begini Kronologinya

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memberikan apresiasi kepada manajemen PT Panasonic Gobel Group dan Serikat Pekerjanya yang memfasilitasi mudik gratis bagi para pekerja.

Menaker mengatakan, penyelenggaraan mudik gratis tersebut menunjukkan bahwa kemitraan antara manajemen perusahaan dan serikat pekerja telah berjalan dengan baik.

5 Tips Sehat Cegah Karyawan Jakarta Agar Tak Rentan Stress dan Terhindar dari PTM

"Ini satu tanda bahwa kemitraan itu telah dibangun sedemikian rupa, dan penyelenggaraan mudik gratis ini sudah dimulai sejak 2014," ucap Menaker, Sabtu (6/4/2024) di Jl Raya Bogor saat melepas keberangkatan 24 unit bus untuk mengangkut 1.400 orang.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Menaker menyatakan bahwa Kemnaker terus mendorong seluruh manajemen perusahaan dan serikat pekerjanya untuk menjaga kemitraan yang harmonis, di antaranya melalui penyelenggaraan mudik gratis.

"Mudah-mudahan dengan mudik kali ini, produktivitas meningkat, kalau produktivitasnya meningkat maka Insyaallah kami sangat mendukung mudik ini juga diteruskan dengan balik, jadi mudik dan balik," ucapnya seusai menerima usulan dari pekerja.

Ia juga mengatakan, Kemnaker terus mendorong partisipasi dunia usaha untuk dapat memfasilitasi mudik gratis bagi pekerja. Hal tersebut guna meringankan dan mempermudah para pekerja yang akan melakukan tradisi mudik lebaran.

"Mudah-mudahan program mudik gratis bagi pekerja bisa berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya