Logo BBC

Asian Para Games 2018: Tiket, Cabang Olahraga, Prediksi Prestasi RI

Pipiet Kamelia meluapkan kegembiraan setelah meraih emas pencak silat nomor kelas D putri 60 kg. Kontingen Indonesia meraih 14 dari 16 emas yang tersedia. - AFP
Pipiet Kamelia meluapkan kegembiraan setelah meraih emas pencak silat nomor kelas D putri 60 kg. Kontingen Indonesia meraih 14 dari 16 emas yang tersedia. - AFP
Sumber :
  • bbc

Semangat Asian Games berlanjut dengan Asian Para Games 2018. Kenali cabang olahraga yang akan dimainkan dan bagaimana peluang Indonesia.

Melanjutkan semangat Asian Games yang diakui berhasil menjadi pesta olahraga yang menyuntikkan semangat positif dan menuai banyak pujian dari dalam dan luar negeri, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018.

Ini untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga difabel tingkat Asia.

"Insya Allah sudah siap, termasuk untuk aksesibilitas bagi atlet-atlet difabel. Kami sudah mulai persiapan sejak setahun yang lalu," kata Ketua Indonesia Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, kepada BBC News Indonesia.

Dia menyatakan telah mengambil pelajaran dari penyelenggaraan Asian Games, mulai dari tempat tinggal atlet, transportasi dan administasi, termasuk pengelolaan tiket.

INAPGOC akan melanjutkan konsep area publik di kawasan Gelora Bung Karno, seperti yang dilakukan ketika Asian Games.

"Tapi dengan konsep Asian Para Games yang lebih humanis karena kami harus mempertimbangkan faktor aksesibilitas," kata dia.

Anggaran penyelenggaraan Asian Para Games adalah Rp1,6 triliun, "meskipun mungkin enggak sampai segitu," kata Raja Sapta.

Asian Para Games akan digelar pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta, tepatnya Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome dan JIExpo.