Anak Pengusaha Sofjan Wanandi Beli Saham Klub Inggris

Lukito Wanandi
Sumber :
  • santini-group.com

VIVA – Setelah pengusaha Indonesia Erick Tohir dan Anindya Bakrie beli saham klub Inggris League One, Oxford United beberapa waktu lalu, kini giliran keluarga Wanandi membeli klub bola di Inggris. Melalui Santini Group, ketiga putra pengusaha gaek Sofjan Wanandi yaitu Wandi, Lukito dan Paulus Wanandi membeli saham minoritas klub Inggris, Tranmere Rovers.

Dipakai klub Inggris, Jersey Mills Masuk EA Sports FC 24

Tranmere Rovers adalah klub sepakbola yang berbasis di Birkenhead, Merseyside, Inggris. Klub yang didirikan pada tahun 1884, kini telah berusia 135 tahun. Tranmere Rovers saat ini bermain di divisi League One atau kasta ketiga kompetisi liga Inggris.

Chairman Tranmere Rovers, Mark Palios mengumumkan pembelian saham klubnya oleh Santini Group dalam laman resmi klub. Dia membeberkan bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan kerja sama dengan investor eksternal, yakni Santini Group.

Dramatis, Oxford United Imbangi Pemuncak Klasemen League One

"Mereka akan memiliki saham minoritas di klub," kata dia.

Sebelum kesepakatan dilakukan, Mark bersama Vice Chairman Nicola Palios telah melakukan pertemuan dengan Wanandi bersaudara di Wirral, Inggris maupun Indonesia. Hal itu dilakukan untuk saling memahami dan terpenting untuk memastikan para investor mendapatkan pemahaman tentang Tranmere Rovers.

Ada Dua Striker Arsenal di Musim Depan

Sementara itu, modal dari Santini Group akan digunakan untuk mendanai sejumlah proyek yang sedang dilakukan klub. Misalnya, pengembangan akademi klub dan peningkatan Wi-Fi di stadion. Selain itu, membantu membayar sejumlah utang selama di non-liga.

"Intinya akan menjadikan klub sepakbola yang stabil dan sehat secara finansial, menumbuhkan basis aset dan sumber daya keuangan sekaligus mempertahankan anggaran permainan yang kompetitif," tutur Mark.

Selain itu, Santini Group juga akan membantu Tranmere Rovers mengembangkan pasar internasional, termasuk Asia. Hal itu bertujuan memberikan nilai tambah Tranmere Rovers tak cuma sekadar sebagai klub sepakbola.

Sementara itu, Lukito Wanandi akan duduk di dewan perusahaan. Sedangkan Mark dan Nicola tetap sebagai Chairman dan Vice Chairman Tranmere Rovers untuk menjalankan operasional klub sehari-hari.

Sekadar informasi, Santini Group merupakan perusahaan milik keluarga Wanandi yang berbasis di Indonesia. Perusahaan ini memiliki banyak lini bisnis, mulai dari perangkat otomotif, real estat, jasa keuangan hingga infrastruktur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya