Buta Kekuatan Lawan, Timnas Basket 3x3 Putra Targetkan Emas SEA Games

Ilustrasi peralatan basket.
Sumber :
  • Pixabay/KeithJJ

VIVA – Tim Nasional Basket 3x3 Putra memasang target tinggi di SEA Games 2019 di Filipina. Timnas Indonesia ingin mencetak sejarah dengan menyumbang medali emas di debutnya nanti.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi), Danny Kosasih. Menurutnya, kesempatan mendapat emas di sektor 3x3 putra sangat terbuka lebar karena semua skuat asuhan Ali Budimansyah ini masih buta dengan kekuatan lawan-lawan.

"3x3 ini baru pertama kali akan dipertandingkan di SEA Games. Kalau ada bertanya target, maka saya maunya medali emas," kata Danny kepada wartawan di Jakarta, Selasa 20 Agustus 2019.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

"Saya percaya negara lain juga tidak memberikan target yang tepat karena ini baru pertama kali diadakan. Kami tidak tahu kekuatan lawan, begitu juga sebaliknya," ucapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Perbasi sudah menyiapkan program yang matang. Salah satunya adalah menunjuk Ali Budimansyah sebagai pelatih.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Mantan pemain Pelita Jaya itu sangat antusias dengan target yang dibebankan Perbasi. Ia merasa tertantang mencetak sejarah dalam kancah basket Indonesia.

"Saya sebagai pelatih kepala setuju dengan Ketum Perbasi tentang target emas. Buat saya pribadi, merasa tertantang untuk memberikan yang terbaik karena Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam sama-sama masih buta kekuatannya," ujar Ali.

Dalam sejarah di SEA Games, timnas basket Indonesia memang belum mampu menyumbang medali emas. Di nomor 5x5 atau basket konvensional, tim Merah-Putih belum mampu meruntuhkan dominasi Filipina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya