Atlet Pelatnas SEA Games Kuasai Rhino MTB Cross Country

Rhino X Triathlon Meriahkan Festival Pesona Tanjung Lesung
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Atlet pelatnas SEA Games 2019, Zaenal Fanani, berhasil menjadi yang terbaik di ajang Rhino Mountain Bike Cross Country 2019. Berlaga di trek Tanjung Lesung, Sabtu 28 September 2019, Zaenal berhasil menjadi yang terbaik dengan mencatatkan waktu dua jam 11 menit dan tiga detik.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Itu adalah catatan waktu total Zaenal dalam menempuh jarak 50 kilometer trek Tanjung Lesung. Zaenal cukup jauh meninggalkan pesaing terdekatnya, Rafika Muhammad Farizi.

Saat menyentuh garis finis, catatan waktu Farizi adalah dua jam 13 menit dan 29 detik. Peringkat ketiga, Chandra Rafsanjani, juga terpaut sangat jauh dari Zaenal. Dia finis dengan catatan waktu dua jam 17 menit dan 26 detik.

Zaenal mengaku puas dengan catatan waktu yang ditorehkannya dalam Rhino MTBXC.

"Jaraknya sudah ditambah. Tahun lalu, lebih pendek delapan kilometer dari yang sekarang. Jadi, sebenarnya catatan waktu saya lumayan (lebih cepat). Cukup puas," kata Zaenal.

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

Baginya, torehan di Rhino MTBXC menjadi modal kuat untuk menghadapi SEA Games 2019. Sebab, struktur trek yang disajikan terbilang ekstrem.

Sudut elevasi yang ditawarkan di Rhino MTBXC juga terbilang menarik dan ada kejutan yang muncul di setiap trek. Kontur treknya cukup kejam karena tanahnya lebih dalam.

"Seperti di kilometer 25 dan sekitar 32 hingga 35. Treknya cukup menantang, ketika sampai di puncak, kami dikejutkan lagi dengan jalur menurun. Ini memacu kami untuk lebih cermat dalam mengambil keputusan," jelas Zaenal.

Dengan hasil ini, Zaenal kian percaya diri menghadapi SEA Games 2019. Sebab, di SEA Games nanti, dia akan turun di Croos Country Olympic yang mengharuskannya memutari trek sebanyak empat kali.

"Saya harus fokus karena ditarget medali emas. Soal kekuatan lawan, saya belum tahu. Semua lawan pastinya kuat. Dan saya hanya ingin fokus pada persiapan sendiri." [mus] 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya