Peraih Emas SEA Games Tak Sabar Ikuti Palembang Triathlon 2020

Atlet peraih medali emas SEA Games 2019, Jauhari Johan (tengah)
Sumber :
  • VIVAnews/Ajo Robbi

VIVA – Peraih medali emas SEA Games 2019, Jauhari Johan antusias menyambut Palembang Triathlon 2020 yang akan digelar pada 22-23 Februari mendatang. Bagaimana tidak, pria yang akrab disapa JJ itu bakal tampil di kampung halamannya.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Selain itu, JJ gembira karena pada Palembang Triathlon 2020, yang sudah menjadi bagian dari Indonesia Triathlon Series (ITS) ini, terdapat kategori Youth (14-16 tahun).

"Tentu saya senang dan bersemangat turun di Palembang yang merupakan kota kelahiran saya,” kata JJ dalam ‘TriTalk: Road To Palembang Triathlon 2020’ di Palembang Icon Mall, Senin 3 Februari 2020.

“Dengan kategori Youth ini, sudah saatnya atlet-atlet junior fokus berlatih, ikuti event-event Indonesia Triathlon Series untuk bisa berkembang, untuk kemudian bergabung di tim nasional dan membela nama Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Palembang Triathlon 2020, Ahmad Wazir Noviadi, mengatakan, selain kategori Youth, Palembang Triathlon yang kedua ini juga ada ketegori baru yakni Military, yang diperuntukkan anggota TNI-Polri. Selain itu, ada kategori Elite dan Age Group (berdasarkan kelompok umur).

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

Noviadi mengatakan, khusus kategori Elite dan Military, para triatlet diundang oleh panitia. Selebihnya, pendaftaran terbuka untuk umum.

“Kita memang mengundang para Elite dan Military, karena olahraga renang, sepeda dan lari ini belum awam buat orang kebanyakan khususnya di Palembang, tapi awam buat teman-teman di TNI dan Polri,” ujarnya.

Noviadi mengatakan, persiapan Palembang Triathlon kini sudah mencapai 75 persen. Harapannya, ajang ini dapat mengulang kesuksesan di pelaksanaan pertama yang digelar tahun lalu.

Kadis Pariwisata Kota Pelembang, Isnaini Wadani, menuturkan, Pemkot Palembang siap menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan para triatlet. Dengan pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kata Isnaini, ketersediaan akomodasi seperti hotel buat para triatlet bukanlah hal yang sulit.

“Di Palembang sudah tersedia amenitas yang mumpuni, sampai hotel bintang lima ada,” ujarnya.

Dia berharap target 500 peserta Palembang Triathlon 2020 bisa tercapai saat pelaksanaan perlombaan, sehingga menyedot animo masyarakat luas untuk singgah ke ibu kota Sumsel tersebut.

“Melalui event-event seperti Palembang Triathlon ini, kami berharap lebih mempromosikan Palembang ke luar bahkan ke mancanegara, sehingga semakin banyak orang lagi datang ke Palembang,” ujarnya.

Palembang merupakan tuan rumah pertama turnamen Indonesia Triathlon Series (ITS) 2020. Selain Palembang, event sport tourism berskala internasional tersebut akan dihelat di Jakarta, Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Pariaman (Sumatera Barat), Belitung, dan di Bandung.

Nantinya, seluruh peserta akan mengumpulkan poin-poin sejak di Palembang sampai seri terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya