Jauhari Johan Juara Triathlon Series di Palembang

Atlet triathlon Sumatera Selatan, Jauhari Johan
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Atlet Triathlon asal Sumatera Selatan, Jauhari Johan, berhasil menjadi juara pada ajang Palembang Triathlon 2020 untuk kategori Elite laki-laki. Triatlet berusia 36 tahun itu, berhasil mencatat waktu tercepat dengan torehan waktu 2 jam 5 menit.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Pada event yang berlangsung di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu, 22 Februari 2020, Jauhari yang tampil di kampung halamannya tampil percaya diri dan mampu mengungguli pesaing terdekatnya, Blake Kappler.

Jauhari menjadi yang pertama masuk garis finish dengan catatan waktu 2 jam 5 menit, mengalahkan triatlet asal Australia, Blake Kappler (2 jam 6 menit 18 detik) dan Muhammaf Ahlulfirman (2 jam 7 menit 46 detik), yang meraih perunggu dalam SEA Games 2019.

Kemenangan peraih medali emas SEA Games 2019 ini, terbilang cukup dramatis mengingat dia tidak masuk tiga besar saat menyelesaikan sesi renang dan sepeda. Bahkan, saat renang, Jauhari mengakui sempat tertinggal 3 menit oleh Kappler, yang menjadi tercepat di Danau Jakabaring.

Indonesia Triathlon Series di Palembang

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

"Saya tertinggal 3 menit, tapi bersyukur masih bisa fight di sepeda karena memang track ini (JSC) tempat biasa saya latihan. Saya akhirnya bisa menyusul (Kappler) di lari Km 6," ungkap Jauhari.

Kappler, yang menjadi juara di Herbalife Bali International Triathlon 2019, mengakui kehebatan Jauhari dalam berlari di Palembang Triathlon 2020.

Sebelum menjadi triatlet, Jauhari memang sudah dikenal sebagai atlet atletik peraih sejumlah medali di level nasional maupun Asia Tenggara. "Dia (Jauhari) memang jagonya lari," kata Kappler.

Jauhari bersemangat mengikuti Palembang Triathlon 2020 karena merupakan rangkaian dari Indonesia Triathlon Series (ITS), konsep menantang olahraga gabungan renang, sepeda dan lari dengan salah satunya menggunakan sistem poin.

"Saya mengumpulkan poin dari ITS ini untuk bisa lolos pada SEA Games 2021 (Hanoi, Vietnam)," kata Jauhari.

Setelah Palembang, Jauhari berencana mengikuti 5 triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober) dan Pariaman Triathlon (November).

"Semoga hasil poin dari beberapa series ini bisa membawa saya kembali mewakil tim nasional di SEA Games tahun depan," ujarnya.

Sementara itu, kategori Elite perempuan dimenangi oleh triatlet peraih perunggu di SEA Games 2019, Nethavani Octaria dengan catatan waktu 2 jam 22 menit 8 detik. Kemudian di posisi kedua Inge Presetyo (2 jam 26 menit 16 detik) dan Varra Dinda (2 jam 31 menit 12 detik).

Untuk kategori Military & Police yang menjadi juara adalah M Ridwan dengan catatan waktu 2 jam 15 menit 5 detik, disusul Hari Rohman (2 jam 22 menit 56 detik), kemudian Jamin Johan (2 jam 37 menit 25 detik), yang tak lain merupakan adik kandung Jauhari Johan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya