Diikuti Atlet Nasional, Palembang Triathlon Digelar 22 Februari 2020

Ilustrasi perlombaan Triathlon
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Palembang, Sumatera Selatan, akan kembali menjadi tuan rumah turnamen Indonesia Triathlon Series (ITS) bertajuk Palembang Triathlon 2020. Event sport tourism berskala internasional tersebut akan digelar pada 22 Februari 2020.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

ITS 2020 memiliki enam seri atau enam tempat berbeda. Selain Palembang, lima kota lainnya adalah Jakarta, Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Pariaman (Sumatera Barat), Belitung, dan di Bandung. Nantinya, seluruh peserta akan mengumpulkan poin-poin sejak di Palembang sampai seri terakhir.

Wakil Ketua Pelaksana Palembang Triatlon 2020, Liza Sako mengatakan, gairah peserta untuk mengikuti perlombaan rangkaian olahraga yang terdiri dari berenang, bersepeda, dan berlari itu meningkat dari tahun lalu.

"Tahun 2019 itu mencapai 400 peserta. Insya Allah pada tahun ini targetnya sampai dengan 500 peserta. Jadi pada event kali ini memang ada juga pemula, kemudian ada yang profesional dan juga komunitas," kata Sako, Sabtu 11 Januari 2020. 

Sako mengatakan, Palembang Triathlon 2020 akan berbeda dari ajang sebelumnya.  Para peserta nantinya akan dimanjakan dengan pemandangan jembatan Ampera yang merupakan ikon dari kota Palembang sendiri. 

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

Selain itu, para peserta juga akan langsung menikmati fasilitas kelas internasional yang digunakan pada Asian Games 2018 di Jakabaring Sportcity.

"Kami akan coba sterilkan jembatan Ampera nantinya. Memang jembatan Ampera itu sendiri yang menarik yang buat para peserta. Selain itu, Alhamdulillah Jakabaring Sportcity bisa kita manfaatkan dengan maksimal," ucapnya.

Palembang Triathlon 2020 nantinya juga bakal diikuti sejumlah atlet triathlon nasional yang sudah berlaga di Asian Games 2018, dan SEA Games 2019 di Filipina.

Manajer Timnas Triatlon, Akbar Nasution mengatakan pihaknya akan memberikan rekomendasi Palembang Triathlon 2020 kepada atlet Triathlon Indonesia. Kemungkinan, akan ada sekitar 40 atlet nasional yang bakal tampil di Palembang Triathlon 2020 ini. 

"Istilahnya kami mengimbau secara tegas agar atlet mengikuti program yang diberikan federasi. Intinya, semua yang pernah kami saring di turnamen top Indonesia sebaiknya untuk tampil di event ini," tutur Akbar.

Di sisi lain, ini merupakan kedua kali Palembang menjadi salah satu tuan rumah turnamen ITS. Sebelumnya, ajang sama juga digelar pada Februari 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya