Sambutan Hangat Publik Minang Untuk Pembalap Tour de Singkarak 2019

Sambutan Hangat Publik Minang Untuk Pembalap Tour de Singkarak 2019
Sumber :
  • VIVAnews / Andry Mardiansyah

VIVA – Tour de Singkarak 2019 memasuki hari ketiga, Senin 4 November 2019. Sebanyak 94 pembalap dari 18 tim saling berpacu demi memimpin barisan di posisi depan sejak bendera start dikibarkan di kawasan objek wisata geopark Lembah Harau.

Pembalap Australia Juara Umum Tour de Singkarak 2019

Pembalap Go For Gold Philippines, Grospe Ismael Jr berhasil menorehkan prestasi pada Etape III Tour de Singkarak 2019. Dia finish terdepan dengan torehan waktu 3 jam 16 menit 14 detik.

Disusul peringkat kedua, pembalap PGN Road Cycling Team asal Indonesia, Suryadi Bambang dengan catatan waktu sama. Dan Kurniawan dari Banyuwangi Road Cycling Community di urutan ketiga dengan selisih waktu 4 detik. 

Etape IX Tour de Singkarak, Penentuan Juara Umum

Sementara, juara dua kali etape sebelumnya atas nama Jesse Ewart hanya mampu finish di urutan ke 26.

Meski pada Etape III ini memiliki rute yang lebih panjang, yakni 129,9 kilometer dengan karakteristik medan lintasan yang semakin berat. Namun, animo masyarakat di Limapuluh Kota, sangat luar biasa.

Dampak Positif Perluasan Jalur Tour de Singkarak ke Jambi

Sepanjang lintasan yang dilalui para pembalap, berjejer masyarakat, termasuk anak-anak sekolah. Mereka berteriak memberikan semangat kepada pembalap yang melintas. Bahkan mereka sesekali melambaikan tangan ketika rombongan marshall yang membawa awak media juga melintas.

Tentu saja, hadirnya masyarakat Ranah Minang di pinggiran lintasan TdS 2019 ini, menambah nilai lebih. Federasi Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale/UCI), saat ini tengah menghitung jumlah penonton TdS yang kali ini merupakan tahun kesebelas diselenggarakan. 

Hingga kini, berdasarkan rilis UCI, jumlah penonton Tour de Singkarak menempati peringkat 5 dunia. Ikut sertanya Provinsi Jambi pada perhelatan terbesar Tour de di Indonesia ini diharapkan mampu menaikkan peringkat jumlah penonton event ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya