Dampak Positif Perluasan Jalur Tour de Singkarak ke Jambi

Antusiasme warga Jambi menonton Tour de Singkarak begitu tinggi
Sumber :
  • VIVAnews / Andri Mardiansyah

VIVA – Gelaran Tour de Singkarak yang diperluas jalurnya hingga ke Kabupaten Kerinci, Jambi, menghadirkan dampak positif terhadap masyarakat setempat. Sebab, gairah masyarakat lokal meningkat dengan adanya gelaran ini.

Etape IX Tour de Singkarak, Penentuan Juara Umum

Tour de Singkarak, pada dasarnya bertujuan meningkatkan daya tarik wisata dan ekonomi rakyat di sekitar jalur yang dilewati. Itu benar-benar dirasakan oleh warga di Kabupaten Kerinci.

Bupati Kerinci, Adirozal, menyatakan indikator kemeriahan dari Tour de Singkarak di daerahnya adalah ketika masyarakat berduyun-duyun datang demi menonton acara tersebut.

Pembalap Iran Kuasai Etape Anyar Tour de Singkarak

"Penuh dengan penonton. Kami berharap tahun mendatang, pemerintah Sumatera Barat bisa mengembalikan Tour de Singkarak ke Kerinci," kata Adirozal.

Masih banyak perbaikan, yang menurut Adirozal, harus dilakukan untuk menggelar Tour de Singkarak di wilayahnya tahun depan. Pun, inisiatif warga untuk memproduksi bahan kerajinan dan makanan lokal harus ditingkatkan.

Panorama Alam Jambi Jadi Daya Tarik Etape VII Tour de Singkarak

"Semuanya dilakukan demi memajukan ekonomi Kerinci. Pertumbuhan ekonomi kami saat ini, 6,68 persen. Tour de Singkarak sudah masuk ke sini. Jadi, masyarakat harus lebih bergairah, membuat kerajinan lokal atau souvenir," terang Adirozal.

Pembalap Australia, Jesse Ewart juara umum Tour de Singkarak 2019.

Pembalap Australia Juara Umum Tour de Singkarak 2019

Waktu yang dibukukan pembalap Australia yakni 34 jam 34 menit 2 detik.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2019