Keuntungan MotoGP Indonesia Mandalika Digelar di Jalanan

Progres pembangunan Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama.

VIVA – Konsep baru akan diterapkan di MotoGP dalam seri Indonesia pada 2021 mendatang. Mandalika, selaku venue MotoGP Indonesia, akan memakai sirkuit jalanan untuk kali pertama dalam balap motor premium terpopuler di dunia ini.

Ini Tindakan saat Penonton MotoGP Indonesia Mengalami Kecelakaan

Beda dengan Formula 1, MotoGP selama ini selalu memakai trek permanen dengan standar yang begitu aman. Ya, keselamatan pembalap menjadi prioritas dalam MotoGP.

Sebab, risiko yang muncul dalam ajang MotoGP lebih besar. Maka dari itu, penggunaan sirkuit permanen, lebih dianjurkan karena spesifikasinya yang sudah seragam.

Alasan Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 27 Lap

Tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda bagi para pembalap. Sebab, mereka juga akan diberikan pemandangan luar biasa karena berdampingan dengan garis pantai.

Bukan hanya pembalap yang bisa merasakan atmosfer MotoGP. Warga lokal, juga bisa mencicipinya.

Rombongan Kru dan Pembalap MotoGP Mulai Tiba di Lombok

"Ini adalah sejarah, sirkuit jalanan sama dengan F1 di Singapura dan Monaco. Nantinya, adalah jalanan dan warga bisa merasakan mimpi itu, merasakan sirkuit dengan motor pribadi," kata Head of Operation Supporting Mandalika Grand Prix Association, Dian Dilato, kepada wartawan.

"Bukan hanya sportainment tapi juga komoditi wisata untuk mendatangkan turis demi memajukan perekonomian di Mandalika," lanjut dia.

Ada aturan mati yang akan diterapkan di sirkuit Mandalika nanti. Karena berstatus jalan umum, kendaraan berat tak boleh melintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya