Goyang Dumang, Kunci Sukses MotoGP Thailand Gaet Penonton Indonesia

Marc Marquez saat di podium MotoGP Buriram, Thailand.
Sumber :
  • IG MotoGP

VIVA – Negara Thailand baru saja dinobatkan sebagai penyelenggara ajang seri MotoGP terbaik sepanjang musim 2018. Hal tersebut diputuskan langsung oleh International Road-Racing Teams Association.

Pembalap AHRT Sapu Bersih Podium ARRC Thailand 2023

Meski baru tahun ini menghelat MotoGP, Thailand nyatanya menjadi tuan rumah yang baik dan mampu mengesankan penyelanggara MotoGP, hingga akhirnya terpilih dalam perlombaan terbaik MotoGP 2018.

“Semua yang terlibat di MotoGP ingin sekali mengetahui bagaimana debut Thailand menggelar MotoGP. Kami tidak sabar untuk datang dan ada banyak harapan,” ucap Presiden IRTA (Asosiasi Tim Balap), Herve Poncharal seperti dilansir Crash.

Target Utama Marc Marquez di MotoGP Thailand, Bukan Kemenangan?

Baca: MotoGP Thailand Jadi yang Terbaik di Musim 2018

Tak cuma dari segi kuantitas jumlah penonton, dimana total sebanyak 220.000 orang hadir langsung di Sirkuit Chang International Buriram, tapi juga ada aspek menarik lainnya yang jadi kunci sukses Negeri Gajah Putih menggelar "hajatan" besar tersebut.

MotoGP Ubah Kalender 2021: Amerika Serikat Gantikan Jepang

Salah satu trik dan cara Thailand memuaskan para wisatawan yang hadir memeriahkan MotoGP seri ke-15 tersebut, adalah kemampuan memberikan layanan dan fasilitas kebutuhan pengunjung sesuai dengan kultur para pengunjung itu berasal.

Dan kondisi tersebut begitu nyata dirasakan oleh para penonton MotoGP asal Indonesia yang cukup puas dan terkesan dengan cara segenap stakeholder Thailand mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan para turis yang hadir di sana.

Hal ini pun terungkap saat belum lama ini VIVA berkesempatan mengunjungi Thailand dan Sirkuit Buriram pada ajang Asian Road Racing Championships 2018 pada awal bulan Desember lalu.

Setibanya di kota Bangkok, banyak ditemui wisatawan asal Indonesia yang mengaku kedatangannya ke Thailand kali ini merupakan yang kedua kalinya, di mana mereka puas dan terkesan saat datang menyaksikan MotoGP di Buriram dan memutuskan untuk kembali lagi datang pelesiran ke negara yang sebelumnya bernama Muangthai itu.

"Kunjungan saat nonton MotoGP Oktober lalu di Buriram begitu berkesan dan sangat puas, mereka (penyelenggara) menyiapkan aspek kebutuhan penonton yang sesuai dengan kultur kita, seperti disediakannya musala di tribun bagian atas sirkuit serta stand khusus makanan halal di sekitar sirkuit," ungkap Eka, pelancong asal Bandung yang kembali berlibur ke Bangkok usai sebelumnya nonton MotoGP di Buriram.

Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand

Tak cuma itu, hiburan musik yang ditemui di restoran tempat wisatawan menyantap hidangan makan malam pun kerap diiringi dengan lagu-lagu yang populer di Indonesia seperti Kemesraan, Kopi Dangdut dan tembang yang sedang top milik Siti Badriah, "Lagi Syantik".

Adapun lagu yang benar-benar dianggap sukses membuat para pengunjung asal Indonesia terhibur adalah tembang dangdut dari penyanyi Cita Citata, "Goyang Dumang".

"Ya, wisatawan asal Indonesia di Thailand itu sangat banyak, apalagi saat gelaran MotoGP Oktober lalu. Kami sengaja mencari tahu lagu-lagu populer apa yang jadi kesukaan orang Indonesia, dan kami berusaha membawakan supaya mereka benar-benar terhibur dan merasa nyaman ada di Thailand," ujar salah seorang penyanyi resto kapal wisata malam Chao Phraya Princess III di kawasan Asiatque, Bangkok.

Besarnya animo penonton MotoGP asal Indonesia pun diakui dan dipahami keberadaannya oleh Managing Director Sirkuit Chang International Buriram, Tanaisiri Chanvitayarom.

"Kami mendeteksi akan hadirnya penggemar MotoGP asal Indonesia dari halaman media sosial resmi MotoGP, dimana sebagian besar banyak didominasi aktivitas dari para warganet Indonesia," ujar Tanaisiri Chanvitayarom kepada VIVA. (luz)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya