Fakta-fakta Penting Jelang MotoGP Republik Ceko

Marc Marquez juara MotoGP Republik Ceko Sirkuit Brno
Sumber :
  • REUTERS/Petr Josek
VIVAnews
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Serunya balapan MotoGP 2014 akan berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, 15-17 Agustus 2014. Persaingan antara rider Repsol Honda, Marc Marquez, melawan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, dipastikan akan kembali terjadi.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Sebelum menyaksikan ketatnya persaingan ketiga pembalap tersebut, menarik untuk melihat sejumlah fakta-fakta penting jelang balapan MotoGP Republik Ceko seperti dikutip dari situs resmi MotoGP:
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


1.
Balapan akhir pekan ini akan menjadi ajang Grand Prix ke-45 di Sirkuit Brno. Hanya Assen (Belanda) yang pernah menggelar balapan Grand Prix lebih banyak daripada Brno, yakni 66 kali.


2.
Balapan GP Ceko pertama di Brno digelar pada 1965. Ketika itu balapan kelas 500cc hanya digelar sebanyak 13 lap, menyusul panjang sirkuit mencapai 13,94 kilometer. Balapan dimenangi Mike Hailwood (MV Agusta) dengan catatan waktu 1 jam, 11 menit dan 23,2 detik.


3.
Sirkuit Brno diubah menjadi lebih pendek pada 1975, menjadi 10,92 kilometer. Balapan kelas primer Grand Prix yang digelar di sirkuit jalan raya Brno terjadi pada 1977, dengan Johnny Cecotto (Yamaha) menjadi pemenang.


4.
Sirkuit Brno yang digunakan saat ini melakoni debutnya di ajang Grand Prix pada 1987. Pada 1992, balapan di Brno dihapus karena masalah politik. Balapan di Republik Ceko akhirnya melakoni debutnya pada 1993.


5.
Sejak era MotoGP (2002), Yamaha dan Honda sama-sama mengoleksi lima kemenangan di Brno. Sedangkan Ducati berhasil meraih dua kemenangan. Dalam tiga tahun terakhir balapan di Brno dikuasai Honda, dan pembalap Yamaha terakhir menjadi juara adalah Jorge Lorenzo pada 2010.


6.
Sejak Sirkuit Brno yang saat ini digunakan pada 1987, hanya ada satu pembalap Republik Ceko yang mampu meraih podium. Pembalap itu adalah Lukas Pesek (Derbi) yang meraih posisi ketiga di balapan 125cc musim 2007.


7.
Prestasi terbaik yang pernah diraih pembalap asal Ceko di era MotoGP adalah ketika Karel Abraham menempati posisi 9 musim 2012.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya