Pedrosa Jadi Raja di Brno, Ini Fakta-fakta Menariknya

Dani Pedrosa juara di MotoGP Republik Ceko 2014
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, sukses meraih kemenangan pertamanya musim ini di MotoGP Republik Ceko, Minggu 17 Agustus 2014. Pedrosa berhasil mengalahkan duo Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Pedrosa berhasil menjadi yang terbaik di Sirkuit Brno dengan catatan waktu 42 menit dan 47,800 detik. Ini adalah kali pertama kemenangan di MotoGP 2014 diraih pembalap selain Marc Marquez. Sebelumnya, Marquez sukses menyapu bersih 10 kemenangan di awal musim.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik usai Pedrosa menjadi raja di MotoGP Republik seperti dilansir
Opta
dan situs
Red Bull
:


1.
Ini merupakan kemenangan pertama Pedrosa di ajang MotoGP sejak 13 Oktober 2013 di Sepang, Malaysia. Sukses di Brno merupakan kemenangan ke-26 Pedrosa dari 144 start di kelas primer Grand Prix.


2.
Pedrosa menjadi pembalap asal Spanyol pertama yang berhasil meraih dua kemenangan di Brno pada kelas primer Grand Prix. Sebelumnya, pembalap 28 tahun itu menjadi juara musim 2012.


3.
Pedrosa merupakan pembalap asal Spanyol yang paling sering naik podium di Brno (10 kali), dengan enam di antaranya terjadi di kelas primer. Pedrosa bersama Lorenzo, menjadi dua pembalap asal Spanyol dengan koleksi kemenangan terbanyak di Brno (4 kali).


4.
Belum pernah ada pembalap asal Spanyol yang mampu meraih dua kemenangan beruntun kelas primer Grand Prix di Brno: Alex Criville (1996), Sete Gibernau (2004), Jorge Lorenzo (2010), Dani Pedrosa (2012, 2014), Marc Marquez (2013).


5.
Marquez gagal mencatatkan sejarah baru di kelas primer Grand Prix setelah hanya mampu menduduki posisi keempat. Dengan demikian, belum pernah ada pembalap yang mampu menyapu bersih 11 kemenangan beruntun di awal musim. Giacomo Agostini (1968) dan Marquez (2014) hanya mampu meraih 10 kemenangan.


6.
Marquez dan sang adik, Alex (Moto3), merupakan pasangan saudara kedua yang mampu memulai balapan Grand Prix dari pole position. Sebelumnya ada Christian (500cc) dan Dominique Sarron (250cc).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya