Rekapitulasi Lengkap MotoGP Sampai Tengah Musim 2015

Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo
Sumber :
  • REUTERS/Ronald Fleurbaaij
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Balapan MotoGP musim 2015 sudah memasuki paruh musim. Bagaimana rekapitulasi lengkap sampai seri kesembilan digelar sejauh ini?

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez
Sampai saat ini, pembalap Yamaha-Movistar, Valentino Rossi, masih berada di puncak klasemen pembalap dengan total poin 179. Rider Italia yang sedang mengincar juara dunia ke-10 nya itu tiga kali jadi juara dan belum pernah gagal podium.

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
Rossi berhasil juara di seri pembuka GP Qatar, GP Argentina, lalu GP Belanda. Menjadi runner-up di GP Prancis dan Catalan, lalu merebut tempat ketiga sebanyak empat kali yaitu di GP Amerika Serikat, GP Spanyol, GP Italia, dan terakhir GP Jerman.

Jorge Lorenzo menempel ketat di peringkat dua klasemen umum dengan 166 poin. Setelah tercecer di tiga seri pembuka, pembalap Yamaha ini berhasil juara dalam empat seri beruntun di Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalan.

Namun, Lorenzo hanya bisa tempati urutan finis ketiga dan keempat dalam dua balapan terakhir membuat dirinya gagal menyalip Rossi di puncak klasemen, dengan jarak 13 poin saja.

Pembalap Ducati, Andrea Iannone, secara mengejutkan berada di peringkat tiga klasemen umum dengan 118 poin usai dua kali meraih podium. Sayang, kini posisinya terancam oleh Marc Marquez yang mulai bangkit dengan selisih empat poin saja.

Penampilan Marquez naik turun musim 2015 ini. Dua kali juara di GP Amerika Serikat dan GP Jerman kemarin, plus dua kali runner-up di GP Spanyol dan Belanda. Tapi, sang juara bertahan juga sudah tiga kali tercatat gagal finis. Membuatnya baru kumpulkan 114 poin.

Andrea Dovizioso mulai melorot. Sempat tiga seri pertama beruntun duduki peringkat dua, rider Ducati ini mulai kehilangan konsistensinya. Bahkan Dovi tiga kali retired dalam empat balapan terakhir. Posisi lima (87 poin) ditempatinya.

Rekan Marquez di Honda, Dani Pedrosa masih berada di peringkat tujuh klasemen dengan koleksi 67 poin. Usai absen selama tiga seri, kini pembalap Spanyol tersebut mulai mengejar Bradley Smith di posisi enam klasemen pembalap dengan selisih 20 poin saja.

Setelah GP Jerman kemarin, balapan MotoGP akan rehat nyaris sebulan sebelum kembali membalap di Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat, 9 Agustus 2015 mendatang. Setelah itu, MotoGP akan tampil Eropa lalu tiga seri di Asia dan Australia sebelum menutup musim di Valencia, Spanyol, pada 8 November 2015.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya