Williams Tertantang Hadapi Kecepatan Rendah Hungaroring

Pembalap Williams, Felipe Massa
Sumber :
  • Reuters / Phil Noble
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Mobil Williams, FW37, begitu ampuh di sirkuit yang menyajikan tikungan berkecepatan tinggi. Namun, masalah datang jelang balapan Formula One (F1) GP Hungaria akhir pekan ini. Kenapa?

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Pasalnya, sirkuit Hungaroring lebih mengandalkan downforce tinggi dan tikungan-tikungan yang mengharuskan mobil menuruni kecepatan. Hal ini yang masih jadi kelemahan FW37.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Tantangan di Hungaroring mirip dengan GP Monaco lalu, ketika Felipe Massa dan rekan satu timnya, Valtteri Bottas, hanya bisa finis urutan 15 dan 14. Peluang meraup poin di Hungaria pun terancam.

Meski begitu, Massa yakin bersama Bottas mampu tampil lebih baik dibandingkan saat tampil di Monaco. Williams disebut telah membuat perkembangan yang signifikan.

"Sirkuit itu biasanya tidak cocok untuk mobil kami karena mengandalkan kecepatan rendah, tapi kami telah mengembangkan mobil pada beberapa balapan terakhir. Dengan beberapa upgrade seharusnya kami bisa tampil kompetitif, akhir pekan ini," ujar Massa, seperti dilansir FOX Sport.

Hungaroring banyak memiliki memori buat Massa. Yang paling diingat ketika dia alami cedera parah kepala pada 2009 setelah salah satu bagian mobil Rubens Barrichello menghantam helm-nya.

Pembalap 34 tahun itu bahkan harus naik meja operasi setelah tengkoraknya retak. Walaupun dihantui memori buruk, Massa mengaku GP Hungaria selalu mendapatkan tempat spesial di hatinya.

"Hungaria adalah tempat spesial buat saya. Saya memiliki fans di sini setelah kecelakaan 2009, dan sejak itu banyak orang yang memberikan dukungan. Itu sangat luar biasa," tambahnya.

Williams memang satu tim yang mampu menganggu Mercedes dan Ferrari di posisi terdepan. Sampai saat ini, Williams sukses menempatkan Bottas di peringkat 4 klasemen pembalap dan Massa di posisi 6.

Williams juga saat ini berada di peringkat 3 klasemen konstruktor dengan 151 poin. Koleksi poin tersebut lebih banyak dari Red Bull, Force India, Lotus, sampai McLaren. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya