10 Fakta Menarik Balapan F1 GP Hungaria

Lewis Hamilton di GP Hungaria
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Para pembalap Formula 1 (F1) akan kembali memacu jet daratnya kembali pada akhir pekan ini di GP Hungaria. Mercedes kembali menjadi yang terdepan sebagai calon pemenang di seri ke-10 ini.

Balapan akan tersaji di Sirkuit Hungaroring. Nantinya para peserta akan melakoni duel dalam 70 laps atau sepanjang 306.63km. Sejauh ini catatan waktu tercepat dalam satu putaran masih dipegang oleh Michael Schumacher pada 2004 silam, dengan waktu 1 menit 19.071 detik.

Untuk persaingan musim ini, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg dari Mercedes sudah pasti masuk dalam jajaran teratas pembalap yang akan memenangi seri ini. Belum lagi, Hamilton menjadi pembalap yang terbanyak memenangi balapan GP Hungaria bersama Schumacher, yakni empat kali.

Hamilton juga sukses menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas di hari pertama, kemarin. Sebelum menyaksikan duel balapan yang berlangsung Minggu 26 Juli 2015 pukul 19.00 WIB, kita simak dulu beberapa fakta menarik dari F1 GP Hungaria yang dirangkum dari situs resmi F1.

Berikut fakta-fakta menarik F1 GP Hungaria:
1. Balapan GP Hungaria nanti akan menjadi yang ke-30 , setelah pertama kali gelar balapan F1 pada 1986. Tercatat hanya dua sirkuit yang telah secara berkelanjutan menggelar balapan F1 lebih lama, Monte Carlo dan Monza.

2. Sebanyak 16 pembalap berbeda yang telah memenangi GP Hungaria, sejauh ini Michael Schumacher jadi yang paling sukses dengan 4 kemenangan, 7 pole position dan 7 podium. Lewis Hamilton juga meraih jumlah kemenangan yang sama.

3.
Andai mampu meraih podium pertama, maka Hamilton bisa melewati torehan kemenangan Schumacher. Pembalap asal Inggris itu sudah lima kali naik podium, dengan hasil terburuknya adalah finis di posisi kelima.

4. Sebastian Vettel yang kini membela Ferrari, sama sekali belum pernah menang di Hungaroring.  Sirkuit ini menjadi salah satu dari empat sirkut yang membuat jawara dunia empat kali ini tidak pernah raih hasil baik.

5. Terakhir kali Ferrari menang di Hungaroring pada 2004 silam. Tercatat, tim pabrikan asal Italia tersebut hanya mampu lima kali menang, yakni empat melalui Schumacher dan satu kali lewat Nigel Mansell pada 1989.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama



6. McLaren menjadi tim yang paling banyak meraih kemenangan, yaitu 11 kemenangan. Pada posisi kedua ada McLaren dengan torehan tujuh kemenangan, terakhir kali didapatkan oleh Jacques Villeneuve pada 1997.

7. Thierry Boutsen mencatatkan pole F1 pertamanya dan kemudian terbukti jadi satu-satunya di 1990. Dia memenangi balapan dengan hanya unggul 0,288 detik dari Ayrton Senna, selisih itu tetap jadi yang tertipis dalam sejarah kemenangan di GP Hungaria.

8. Sedangkan Damon Hill berhasil mendominasi jalannya balapan pada 1993. Pembalap asal Inggris keluar sebagai pemenang dengan keunggulan 72 detik dari beberapa pembalap yang berada di belakangnya.

9. Zsolt Baumgartner menjadi satu-satunya pembalap asal Hungaria yang ikut serta di ajang balapan F1 hingga saat ini. Pada musim 2014 dia berhasil mencatatkan finis tertinggi dari pembalap Hungaria di kandang dengan meraih posisi ke-15.

10. Andai Hamilton bisa tampil apik di sesi kualifikasi dan meraih pole position, maka dia akan menyamai rekor Damon Hill dengan 17 kali meraih pole, sedangkan di posisi pertama ada Ayrton Senna yang sudah meraih 24 kali.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022