Angka-angka Menarik Jelang Balapan MotoGP Aragon

Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.
Sumber :
  • REUTERS/Max Rossi
VIVA.co.id - 
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Gelaran balap MotoGP akan kembali tersaji pada akhir pekan ini. Dimulai pada Jumat 25 September hingga Minggu 27 September 2015 dan akan berlangsung di Aragon, Spanyol.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Balapan akan dihelat di Motorland Aragon, dengan jarak tempuh 116.8 km atau sebanyak 23 putaran. Valentino Rossi yang menjadi pemuncak klasemen sementara MotoGP, memiliki catatan kurang baik pada sirkuit ini.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Di mana, pembalap Movistar-Yamaha ini sama sekali belum pernah merasakan kemenangan GP Aragon. Pada musim lalu, Rossi gagal finis karena alami kecelakaan hingga mengalami gegar otak ringan.


Sedangkan Marc Marquez yang merupakan juara bertahan, sempat terjatuh karena balapan basah dan harus puas finis di posisi ke-13. Jorge Lorenzo menjadi pemenang pada GP Aragon di musim lalu, diprediksi akan tampil impresif guna  mengejar ketertinggalan 23 poin dari Rossi.


Para pembalap akan mulai turun ke lintasan balap pada hari Jumat 25 September 2015 guna melakoni sesi latihan bebas pertama. Sebelum menikmati balapan di hari Minggu nanti, kita simak beberapa angka menarik di GP Aragon, yang dirangkum dari situs MotoGP.


Berikut MotoGP Aragon Dalam Angka:


100 -
Pembalap asal Spanyol, Alvaro Bautista, akan membuat penampilan ke-100 di kelas MotoGP  pada GP Aragon nanti. Pada 99 balapan sebelumnya, dia sudah membalap di tiga tim berbeda, yaitu Suzuki (32 kali), Honda (54), dan Aprilia (13).


23
- Kemenangan Marc Marquez di Misano membuatnya sudah 23 kali berdiri di puncak podium di kelas MotoGP. Pembalap Repsol Honda itu hanya kurang satu untuk menyamai prestasi tiga kali juara dunia 500cc, Wayne Rainey.


22 tahun 252 hari
- Scott Redding jadi pembalap Inggris termuda yang mampu menyelesaikan balapan di podium MotoGP sejak Gary Lingham finish ketiga di GP Belgia pada tahun 1979. Redding berusia 22 tahun 252 hari saat menyabet posisi ketiga di San Marino lalu.


6 tahun
- Valentino Rossi tercatat masih absen memenangkan balapan MotoGP di salah satu sirkuit Spanyol selama enam tahun lebih. Terakhir ia menang saat menguasai GP Catalunya 2009 lalu.


4 -
Posisi keempat yang diraih oleh Loris Baz di GP San Marino jadi prestasi terbaik dari pembalap Prancis di kelas MotoGP sejak Randy De Puniet yang menyelesaikan balapan di posisi empat dalam Grand Prix Catalunya 2010 lalu.


4 -
Setelah kecelakaan Jorge Lorenzo di Misano, ada empat pembalap di kelas MotoGP yang mampu mencetak poin di seluruh balapan 2015, antara lain Valentino Rossi, Andrea Iannone, Bradley Smith dan Danilo Petrucci.


4
- Empat pabrik tim satelit berhasil mengirimkan pembalapnya finish di podium pada tahun 2015: Monster Yamaha Tech 3 mengirim Bradley Smith; Estrella Galicia 0,0 Marc VDS mengirim Scott Redding; Octo Pramac Racing mengirim Danilo Petrucci; dan terakhir LCR Honda Team mengirim Cal Crutchlow.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya