Rival Rio Haryanto: Mustahil Kalahkan Satu Negara

Rival Rio Haryanto dalam perebutan kursi Manor, Alexander Rossi
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Rio Haryanto akhirnya melengkapi line up Manor Racing untuk balapan F1 musim depan. Dia berhasil mengalahkan pesaing, Alexander Rossi, untuk menjadi tandem bagi pembalap titipan Mercedes, Pascal Wehrlein.

Jika dilihat dari prestasi dan pengalaman, harus diakui Rossi punya catatan lebih mentereng ketimbang Rio. Pemuda asal Amerika Serikat itu merupakan runner up pada ajang GP2, sedangkan Rio hanya berada di posisi keempat.

Selain itu, Rossi juga sempat tampil membela Manor dalam lima seri balapan F1 musim kemarin. Dia selalu mencapai garis finish dengan catatan terbaik, berada di peringkat 12.

Kelemahan Rossi dipercaya hanya pada pendanaan. Dia tidak sanggup menyamai Rio yang bersedia membayar  total 15 juta euro. Selain dari kocek pribadi, pemuda asal Surakarta itu diketahui juga mendapat sokongan dari sponsor, salah satunya Pertamina.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Selain itu pemerintah melalui Kemenpora juga terus menyatakan dukungan penuh kepada Rio. Selain berencana mencairkan dana, mereka juga mendorong semua pihak, baik BUMN maupun swasta bersedia ikut memberikan kontribusi kepada Rio.

Diakui Rossi, sejak awal dia sudah sadar akan sangat sulit menghadapi Rio yang mendapat dukungan penuh dari publik tanah air. Menurutnya, bersaing dengan Rio ibarat tengah menghadapi sebuah negara.

"Saya sudah tahu menghadapi sebuah negara adalah hal yang mustahil," katanya dikutip Sportmole.

"Kini kursi Manor sudah penuh, jadi saya harus menatap hal lain. Tujuan saya tetap satu, yaitu F1. Saya akan berjuang mati-matian untuk mewujudkan," sambungnya.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022