Respons Menpora Soal Isu Rio Haryanto 'Dibajak' Malaysia

Pembalap Indonesia dari tim Manor Racing, Rio Haryanto bersama Menpora Imam Nahrawi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Ikutnya pembalap asa Indonesia, Rio Haryanto diajang Formula 1 (F1), ternyata menarik minat negara tetangga untuk ikut menjadi sponsor. Malaysia dikabarkan sedang melakukan pendekatan untuk mempromosikan Visit Malaysia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, ia sempat dihubungi oleh ayah Rio, Sinyo Haryanto soal rencana Malaysia tersebut. Ia pun meminta kepada keluarga Rio untuk bersabar soal pendanaan serta tidak menerima tawaran itu.

"Tentu, saya tidak rela. Terlebih lagi, nanti akan ada embel-embel negara lain di mobil Rio," kata Imam saat ditemui di Kantor Kemenpora, Rabu 24 Februari 2016.

Ketika ditemui usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Imam mengakui, memang hingga saat ini belum bisa memberi dana bantuan untuk Rio.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Seperti diketahui, pembalap asal Surakarta tersebut masih butuh dana 7 juta euro untuk melunasi pembelian kursi kepada Manor Racing.

Tetapi, dia mengatakan, sudah meminta izin ke Presiden Jokowi, agar bisa memberikan bantuan kepada Rio menggunakan dana APBN. Menurutnya, Presiden sudah setuju, asal dilakukan sesuai koridor hukum yang berlaku.

Dia juga meminta kepada semua pihak baik itu masyarakat, BUMN, atau dunia usaha, untuk mengambil kesempatan emas ini. Dukungan untuk pembalap berusia 23 tahun itu akan sangat mudah, jika dilakukan dengan bersatu dan bergotong royong.

"Sebentar lagi akan kami gerakkan bagaimana ini menjadi satu gerakan massal, semua kita harus menyumbang, entah itu koin, atau istilah pundi untuk Rio akan kita gerakkan," katanya. (asp)

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022