Kecelakaan Mengerikan Jadi Drama di Balap Pembuka F1 2016

Pembalap McLaren, Fernando Alonso usai kecelakaan pada balapan pembuka F1 2016 di GP Australia.
Sumber :
  • Twitter F1

VIVA.co.id - Fernando Alonso berhasil selamat dari kecelakaan hebat yang sempat memaksa balapan pembuka Formula One (F1) di GP Australia hari Minggu, 20 Maret 2016. Bagaimana kondisi terkini pembalap McLaren tersebut?

Ban kanan Alonso mengenai ban kiri belakang mobil Haas milik Esteban Gutierrez dalam kecepatan tinggi di tikungan tiga saat balapan di sirkuit Albert Park baru berjalan 17 putaran.

Benturan keras itu membuat mobil McLaren milik Alonso melintir, terbalik, sebelum membentur keras dinding sirkuit. Serpihan fiberglass dari mobil tersebut berhamburan di trek.

Juara dunia dua kali tersebut berhasil keluar dari rongsokan mobil tersebut, berjalan menjauh ke arah Gutierrez sebelum keduanya berjabat tangan.

"Kami yakin dia baik-baik saya. Saya yakin dia masih sedikit terguncang saat ini," ujar chairman McLaren, Ron Dennis, pada Sky Sports.

Balapan sempat terhenti sekitar 20 menit saat para staf trek sibuk membersihkan kawasan insiden tersebut. Setelah itu, baru safety car keluar sebelum balapan kembali dilanjutkan.

"Terlihat Alonso mencoba untuk menyalip Esteban lalu terjepit dan kehabisan ruang, dan ban mengalami kontak dan Alonso mengalami perjalanan yang mengerikan," ujar bos Haas, Gene Haas.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Bendera merah ini pun berdampak besar pada hasil akhir GP Australia. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang memimpin sebelum balap dihentikan akhirnya harus puas finis ketiga di belakang duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022