Rio Haryanto Masih Beradaptasi dengan Tombol Mobil F1

Pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • Twitter/ManorRacing

VIVA.co.id - Pembalap Formula 1 (F1) Tim Manor, Rio Haryanto mengaku, hingga saat ini ia masih melakukan adaptasi dengan mobil F1. Rio mengatakan, mobil F1 sangat berbeda dengan mobil yang ia gunakan saat GP2.

Namun, perkembangan proses adaptasi yang Rio jalani kini sudah lebih baik dari sebelum. Pembalap asal Surakarta ini menjelaskan, proses adaptasi tersulit adalah menghafalkan tombol yang ada di mobil F1.

"Jika di GP2 hanya ada 4 tombol. Namun di F1 ada 30 tombol yang harus dihafalkan," kata Rio saat Media Gathering di Kota Kasablanka, Kamis 7 April 2016.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

"Yang tersulit adalah menghafalkan tombol untuk mengatur bahan bakar. Dari tombol tersebut sangat menentukan jumlah bahan bakar yang dikucurkan untuk mesin, sehingga berpengaruh dengan kecepatan mobil," tambahnya.

Menurut Rio, dari dua race yang sudah ia jalani sejauh ini perkembangannya sangat baik. Untuk kepercayaan diri, ia menyebutkan, semakin meningkat.

Meski ia dan Pascal Wehrlein adalah rekan di Manor, namun Rio mengungkapkan persaingan dengan pembalap asal Jerman tersebut tetap ada. Pembalap berusia 23 tahun itu mengatakan, meski bersaing di sirkuit, namun untuk perkembangan mesin ia dan Pascal tetap berdiskusi.

"Kami bersaing di sirkuit. Tapi untuk perkembangan mesin kami selalu berdiskusi. Performa mesin hingga saat ini tidak ada masalah," imbuhnya.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022