Pastikan Nasib Rio Haryanto, Manor Kembali ke Indonesia

Pertamina sempat dukung tim F1, Manor Racing, 2016 lalu.
Sumber :
  • Facebook Manor Racing

VIVA.co.id – Nasib pembalap Indonesia yang membela Manor Racing, Rio Haryanto, di ajang Formula 1 (F1) hingga sekarang belum jelas. Pihak Manor pun dikabarkan akan kembali datang ke Indonesia demi memastikan nasib Rio.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto. Gatot menyatakan perwakilan Manor sudah berangkat menuju Indonesia hari ini, Senin 6 Juni 2016.

"Langsung Abdoulla Boulsien (Direktur Grand Prix Manor) yang datang ke Indonesia. Sampai sekarang belum ada jadwal pertemuan dengan kami," kata Gatot di kantornya, sore tadi.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

"Kami belum tahu agenda mereka apa. Tapi, sepertinya memang mereka ingin mengetahui kepastian dukungan pemerintah terhadap Rio," lanjutnya.

Rio memang masih mengalami kesulitan dalam hal pendanaan. Hingga sekarang, pembalap berusia 23 tahun tersebut masih belum bisa melunasi uang 'pembelian kursi' ke Manor.

Fakta Formula 1 di Miami : Dari Stadium Hingga Klasemen

Rio diketahui masih kurang membayar dana sekitar  €7 juta euro atau setara Rp106 miliar kepada Manor. Situasi ini membuat kiprah Rio di musim 2016 diperkirakan hanya sampai seri Inggris, 10 Juli 2016 mendatang.

"BUMN yang memberi bantuan tak mau sendiri. Mereka mau ada BUMN lain membantu. Jadi, semua akan diketahui pada acara buka bersama nanti. Pihak manajemen Rio datang, tapi sang pembalap tak hadir karena baru ke Indonesia pada Agustus 2016 nanti," ujar Gatot.

Berbagai program yang diluncurkan pemerintah sampai sekarang belum terbukti efektif membantu Rio keluar dari kesulitan. SMS dukungan untuk Rio contohnya. Hingga sekarang, dana yang terkumpul lewat program tersebut hanya Rp300 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya