Mengenang 20 Tahun Karier Kobe Bryant di NBA

Pebasket LA Lakers, Kobe Bryant
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Kobe Bryant telah menyelesaikan laga terakhirnya bersama LA Lakers, sekaligus menutup kariernya sebagai pemain basket profesional. Pebasket 37 tahun itu sukses menorehkan catatan gemilang sepanjang kariernya di NBA dalam 20 tahun terakhir ini.

Dalam pertandingan kontra Utah Jazz di Staples Center, Kamis 14 April 2016 siang WIB, Bryant akhirnya gantung sepatu. Di laga tersebut, dia menjadi bintang kemenangan Lakers dengan menyumbangkan 60 poin dan menutup laga lewat skor 101-96.

Meskipun Lakers tampil jeblok di musim ini, namun banyak pihak menilai Bryant sebagai sosok legendaris NBA. Pebasket yang memiliki julukan ‘Black Mamba’ tersebut, memang sudah menorehkan banyak catatan manis.

Karier Bryant dimulai pada 1996. Ketika itu, dia masuk Lakers pada NBA Draft 1996. Pada 3 musim berikutnya, pebasket yang berposisi sebagai shooting guard tersebut langsung memberikan gelar perdananya untuk Lakers pada musim 1999-2000.

Cincin juara pertamanya didapatkan setelah pada babak final, duet mautnya dengan Shaquille O’Neil menumbangkan Indiana Pacers dengan skor 4-2 (best of seven series). Musim itu, Lakers tampil apik di regular season dengan 67 kemenangan dan 15 kekalahan.

Pada musim 2000-2001,  Bryant lagi-lagi sukses membawa Lakers menjadi juara NBA. Musim berikutnya,  kegemilangan Bryant membawa Lakers meraih cincin juara NBA 3 kali beruntun.

Sayangnya, usai perolehan tersebut, Lakers harus mengalami puasa gelar selama 6 musim. Baru pada musim 2008-2009 dan 2009-2010, Lakers kembali meraih gelar juara, dan  Bryant juga terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) alias Pemain Terbaik di 2 final tersebut.

Sebelumnya, Bryant sekali meraih gelar MVP Reguler 2008. Dia juga sudah 18 kali terpilih dalam NBA All-Star. Sebagai penghormatan untuk Kobe, Lakers memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 24 miliknya. (one)

LA Lakers Resmi Berikan Kontrak Reguler pada Stanley Johnson
Kobe Bryant saat membawa Los Angeles Lakers juara NBA 1999/2000

Kenang Kobe Bryant, NBA Perkenalkan Desain Baru Trofi MVP All-Star

Trofi Kobe Bryant baru ini dihadirkan NBA menggandeng seniman Victor Solomon yang kerap dipercaya oleh para bintang NBA.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022