Pebasket Nasional Diizinkan Main di Invitasi Antar Media

Menpora Imam Nahrawi buka turnamen basket antar media Ibbamnas 2018.
Sumber :
  • Ibbamnas 2018

VIVA – Ada yang unik dalam pergelaran Invitasi Bola Basket Antar Media Nasional (Ibbamnas) 2018, yakni diperbolehkannya pebasket nasional bermain. Tapi, mereka diizinkan dengan syarat tertentu.

Perbasi Diharap Jalani Munas dengan Sportif

Perbasket nasional itu tentu saja harus sudah berstatus mantan. Mereka yang pernah bermain di Divisi Satu, Kobatama, PBL, IBL hingga ABL juga dibatasi usianya yakni sudah di atas 40 tahun dan sudah bekerja selama 5 tahun di media peserta Ibbamnas 2018. Keputusan ini sudah disetujui dalam pertemuan teknis (technical meeting) beberapa waktu lalu.

“Bermainnya para mantan pebasket nasional di Ibbamnas ini mengakomodir perkembangan yang ada di lapangan. Tujuannya adalah menaikkan kualitas dari invitasi ini dan meningkatkan persaingan antartim peserta,” ujar Lufti Zulkarnaen dari bidang verifikasi pemain Ibbamnas 2018, seperti dalam rilis invitasi.

DBL Academy U-13 Bakal Bertanding di Turnamen Internasional

Lebih jauh Lufti mengatakan, tantangan dari bidang verifikasi adalah banyak dari tim peserta yang merupakan gabungan dari grup perusahaan media dan menyangkut status karyawan. Selain itu diharapkan tim peserta tidak menggunakan pemain cabutan. “Inilah salah satu hal penting bidang verifikasi yang harus diperhatikan. Sebab, tim verifikasi akan mengatur status pemain wartawan dan nonwartawan serta mencegah pebasket cabutan yang bermain di lapangan,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panpel Ibbamnas 2018 Hermansyah mengatakan,  dengan diperbolehkannya mantan pebasket nasional diharapkan tim peserta tidak lagi memainkan pemain cabutan. “Sanksi tegas diberikan bila ada tim yang melanggar aturan soal pemain dan tidak sportif di lapangan,” tegas Hermansyah.

Honda DBL Memulai Perjalanan di Sumatera dan Kalimantan

Sementara itu dari pertandingan di hall A Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, tim basket juara bertahan RCTI MNC Grup menelan kekalahan kedua setelah dikalahkan CNN Detik Transvision 24-36. Laga seru terjadi antara RTV yang sukaes mengalahkan Tempo Grup 30-24 dengan perpanjangan waktu (overtime). Sebelumnya, kedua tim mencatat skor imbang 22-22.

Mahaka Media pun bermain dengan perpanjangan waktu dan akhirnya mampu mengatasi perlawanan sengit Media Grup 39-33. Skor imbang keduanya terjadi di angka 24-24. Perjuangan dan kekompakan tim membuat Mahaka Media mampu keluar dari tekanan, terutama saat overtime.

Sementara itu, tim basket Trans 7 mencatat kemenangan atas tim ANTV 29-23. Selanjutnya, Jusraga menuai kemenangan 57-43 atas tim basket Net TV. Kemudian, SCTV Emtek menang telak 39-18 atas Berita Satu Media Holding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya