Pembukaan Asian Games 2018 Janjikan Sajian Spektakuler

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir dan para maskot Asian Games 2018.
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Persiapan Indonesia menatap jelang bergulirnya Asian Games 2018 makin jadi perhatian publik Asia. Salah satu yang dinantikan adalah seperti apa konsep meriahnya upacara pembukaan dan penutupan ajang pesta olahraga bangsa Asia yang akan mulai berlangsung pada Agustus mendatang.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) pun mengusung formula untuk melibatkan ribuan seniman Indonesia mulai dari penari, musisi, perupa dekorasi dan tata cahaya pada upacara pembukaan yang juga akan jadi ajang unjuk kekayaan budaya dan tradisi Nusantara.

Hal itu pula yang disampaikan dalam konferensi pers sosialisasi konsep upacara pembukaan Asian Games pada Minggu 27 Mei 2018 di Headquarter INASGOC. Sejumlah pemaparan dijelaskan oleh deretan nama-nama top yang dipercaya menangani hajatan fenomenal tersebut.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Francis Wanandi sebagai Deputi II Games Adminitration INASGOC didampingi Wishnutama selaku Creative Director Ceremony yang akan dibantu juga oleh figur-figur besar dunia seni seperti Eko Supriyanto yang top jadi koreografer Madonna.

Ada juga koreografer senior Denny Malik, Addie MS dan Ronald Steven dari sisi musik, perancang busana Rinaldi Yunardi dan Dynand Fariz hingga maestro seni rupa Indonesia, Sunaryo.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Durasi opening nantinya sekitar 2,5 sampai 3 jam. Closing ceremony kurang lebih sama. Sebagian besar Jakarta, ada elemen dari Palembang di opening," ungkap Wishnutama kepada para wartawan.

"Persiapan secara umum sudah mencapai 60-70%, tapi panggung akan dibuat sekarang. Perbedaan opening dan closing yaitu di opening lebih seremonial, tarian dan galeri budaya tradisional. Kalau closing lebih selebrasi lebih festival. Closing juga GBK," tambah Wishnutama.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 nantinya akan menjadi upacara pembukaan multi event olahraga yang terbesar dan termegah di dunia. Melalui acara ini, diharapkan dapat mempromosikan kekayaan bangsa Indonesia kepada masyarakat global.

"Acara ini diperkirakan akan disaksikan oleh empat miliar orang. Maka kami berkomitmen untuk melibatkan seniman Indonesia sebagai punggawa dalam upacara pembukaan ini," jelas Ketua INASGOC, Erick Thohir dalam rilis resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya