Tinjau GBK, Patung Bung Karno Bikin Jokowi Tertegun

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, meninjau kawasan Gelora Bung Karno (GBK), menjelang persiapan penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Jokowi yang datang menggunakan jaket hitam Asian Games, disambut oleh Menpora Imam Nahrawi, Ketua INASGOC Erick Tohir, Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono, Mensesneg Pratikno, dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf. 

Jokowi dan rombongan langsung menuju Pintu 6 yang ada di sisi selatan di Jalan Jenderal Sudirman, kompleks GBK. Di sana, Jokowi melihat pedestrian dan taman. Ia juga mendapat penjelasan dari Menteri PU. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Beberapa menit berselang, Jokowi langsung menuju area dalam GBK. Dari pintu 6, sekitar 200 meter ke dalam, ada patung Presiden pertama RI, Soekarno. 

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Patung Bung Karno yang berdiri tegak dan membawa jas itu, membawa pesan positif. Itu sampai membuat Jokowi tertegun beberapa saat.

"Asian Games bukan hanya terbatas pertandingan olahraga, tetapi juga mengusung harga diri bangsa....Ever onward never retreat, Merdeka!!!” tulisan di patung Bung Karno.

Tulisan itu adalah semboyan semangat yang disampaikan Bung Karno pada pembukaan Asian Games IV pada 24 Agustus 1962 sampai 4 September 1962.

Di patung yang tingginya sekitar 8 meter itu, Presiden Jokowi sempat memandanginya. Ia mendekat sendiri, dan beberapa detik menatap patung tersebut.  Usai dari patung Bung Karno, Jokowi dan rombongan menuju area GBK. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya