Api Obor Asian Games Siap Bakar Jantung Kota Bukittinggi

Obor Asian Games 2018 Tiba di Sorong
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA - Torch Relay Asian Games 2018 dipastikan bakal singgah di Ranah Minang pada 2 Agustus 2018. Kirab api obor pesta olahraga terbesar tingkat Asia tersebut, bakal dipusatkan di Kota wisata Bukittinggi.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebelum bertolak ke kota yang pada zaman pemerintahan Hindia Belanda disebut dengan Parijs Van Sumatra itu, api obor Asian Games akan terlebih dahulu disambut dengan meriah di Bandar Internasional Minangkabau (BIM).

Sejumlah tokoh diantaranya Menko PMK, Puan Maharani, Puteri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata dan Ricky Ahmad Subagja yang merupakan mantan atlet pebulu tangkis ganda putra Indonesia berprestasi, direncanakan bakal ikut dalam rombongan Torch Relay Asian Games di Sumatera barat.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Dikatakan Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Rasyidi Sumetri, api obor Asian Games ini dijadwalkan akan tiba dari pekanbaru tanggal 2 Agustus melalui Bandara Internasional Minangkabau. Selain Tiga tokoh tersebut, 20 atlet juga direncanakan ikut membawa api obor disetia etape yang dilalui.

"Di antaranya 10 orang atlet pilihan asal Sumbar. Jika dirincikan Empat atlet potensial dan berprestasi, Dua dari kebudayaan, Dua atlet olahraga nasional, dan Dua atlet komunitas olahraga asal Bukittinggi. Sedangkan 10 atlet lagi utusan Inasgoc," kata Rasyidi, Kamis 26 Juli 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Untuk rute torch relay Asian Games di Sumatera Barat lanjut Rasyidi, terdapat 20 estafet yang titik pusat awalnya di Lapangan Kantin Kota Bukittinggi. Usai dari Lapangan Kantin, api obor kemudian akan diarak menuju Tugu Polwan dan melintas di Panorama. Dulanjutan ke kawasan Lobang Jepang hingga Pacuan Kuda, GOR Dermawi, Bantola, Polsek Bukittinggi, Simpang Bypass, dan tarakhir masuk ke Istana Bung Hatta.

Hingga saat ini, Rasyidi mengklaim jika persiapan untuk menyambut kedatangan api obor Asian Games itu sudah dimaksimalkan. Dispora Sumbar juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Bukittingi dan seluruh instansi terkait.

"Persiapan hingga kini sudah mantap, tadi kita rapat di Bukittinggi. Dalam rapat diminta penyampaian dari seluruh instansi terkait yang terlibat," ujarnya.

Selain itu, Rasyidi juga berharap dengan singgahnya api obor Asian Games 2018 ini,dan ada sekitar 48 media dari Negara, Pemerintah Provinsi berharap destinasi wisata di Sumatera dapat lebih dikenal lagi dunia.

"Khususnya kota Bukittinggi, karena salah satu destinasi wisata dan puncak tertinggi di Sumbar. Dan kemudian dengan hadirnya api obor Asian Games dapat menjadi spirit olahraga di Sumbar," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya