INASGOC Cek Kesiapan Bandara Soekarno Hatta Jelang Asian Games 2018

Ketua INASGOC, Erick Thohir meninjau langsung kesiapan Bandara Soekarno Hatta.
Sumber :
  • VIVA / Sherly Lala

VIVA – Ketua INASGOC (panitia pelaksana Asian Games 2018), Erick Thohir mengecek langsung kesiapan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, dalam menyambut para tamu negara pada perhelatan Asian Games 2018, Kamis, 2 Agustus 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Usai pengecekan, Erick Thohir menyatakan, Soekarno Hatta yang menjadi salah satu bandara penyambut atlet antar negara itu telah siap. Baik fasilitas, ataupun dari segi sumber daya manusia (SDM). Meski demikian, ada beberapa perbaikan yang masih harus dilakukan. Seperti mempercantik lokasi bandara dengan memperhatikan hal-hal kecil.

"Saya rasa untuk di Bandara Soekarno-Hatta sendiri sudah siap," katanya bersama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly di Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Kamis, 2 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Selain itu, persiapan khusus lainnya  yang sudah dilakukan yakni, dengan adanya Asian Games Line. Di mana jalur tersebut memang dikhususkan bagi para atlet atau tim menuju pintu keluar. Nantinya, para atlet akan melalui pintu pemeriksaan atau X-ray. 

Selanjutnya, para atlet dan ofisial ke area konter Imigrasi. Area konter imigrasi yang akan diaktifkan sebanyak 32 kedatangan dan 32 kepulangan. Kemudian, menuju area akreditasi, di sana, identitas para ofisial dan atlet akan divalidasi ulang. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Barulah para peserta Asian Games ini diarahkan untuk keluar pintu Terminal 3 dengan dibuatkan jalur khusus 'Asian Games Line'.  Sehingga tidak tercampur dengan pengunjung atau calon penumpang bandara Soekarno Hatta lainnya.

"Barulah disambut dengan bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut para peserta ini," ungkapnya.

Bandara Soekarno Hatta jelang Asian Games 2018

Tak hanya kesiapan khusus, nantinya dalam proses pemulangan para atlet pun diminta agar tak terjadi antrean panjang. Pihak INASGOC meminta, saat lima jam sebelum keberangkatan pesawat, penumpang harus cepat bergerak.

"Saya harap seluruhnya dapat berjalan lancar mengingat Indonesia kembali dipilih menjadi lokasi perhelatan akbar tersebut," ujar Erick.

Sejauh ini, dari data INASGOC, terdapat peningkatan dalam jumlah delegasi yang akan turut serta dalam event tersebut. Peningkatan yang terjadi sebanyak 20 persen dengan total 17.194 delegasi dari yang sebelumnya ditargetkan sebesar 15 ribuan.

Hal itu membuat pihaknya meminta agar setiap jajaran siap dalam menyambut para delegasi dengan jumlah yang meningkat.

"Dengan melebihi target, bukan berarti tidak ada tantangan lagi bagi pihak penyelenggara, melainkan ada kesulitan lagi. Bagaimana caranya menyediakan transportasi, akomodasi hingga kebutuhan delegasi selama berada di Indonesia," terangnya.

Namun, pihaknya optimis Indonesia dapat menyambut dan melayani dengan baik. Ditambah pada saat proses imigrasi, pihak Angkasa Pura II bersama Imigrasi sudah membuat skema 'ular' agar tidak ada antrean panjang dengan proses hanya membutuhkan waktu 15 detik atau di bawah satu menit untuk mengurus data diri.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 kini pun hanya menghitung hari dengan pembukaan pada 18 Agustus 2018. Berbagai kesiapan dilakukan baik dari fasilitas ataupun arus lalu lintas.

Logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya